Kantor KONI Tutup, Sekda dan Kadisbudporapar Saling Lempar, Bupati Tuban?

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Pemandangan baru terlihat di depan kantor Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Tuban, terlihat sebuah Banner berukuran besar  terpampang di depan kantor tersebut, Minggu (31/12/2023). 

Bukan banner Calon Legislatif (Caleg) yang terpasang, melainkan sebuah banner pengumuman dengan background hitam dan tulisan kuning yang dipampang. 

Tulisan dalam banner tersebut bertuliskan seperti ini.

PENGUMUMAN

MOHON MAAF ! KANTOR KONI UNTUK SEMENTARA OPERASIONAL DITUTUP, KARENA ANGGARAN HIBAH KONI TAHUN 2023 TIDAK DICAIRKAN OLEH BUPATI 

SELANJUTNYA, URUSAN OLAHRAGA BISA BERHUBUNGAN DENGAN DISBUDPORAPAR TUBAN. 

Pemasangan banner ini bukan tanpa sebab dana hibah sebesar  Rp700 juta dari  Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2023, sampai di menit-menit akhir tahun 2023 madih belum juga cair. 

Kepada  blokTuban.com ketua umum KONI Tuban  Mirza Ali Manshur, mengatakan jika semua persyaratan pencairan dana sudah dilengkapi. Namun bukan hasil pencairan dana hibah yang didapatkan melainkan saling lempar tanggung jawab yang diterima. 

 “Setiap kami menanyakan selalu saling lempar antara kepala dinas dan sekda, ujung-ujungnya menyampaikan mohon maaf tidak bisa membantu,” ujar Mirza. 

Lebih lanjut dengan adanya hal tersebut, Mirza  merasa bingung kepada para pemangku kebijakan saat ditanya administrasi malah menjawab  mohon maaf tidak bisa membantu. 

“Kami heran ditanya administrasi malah menjawab mohon maaf, hingga kami menyimpulkan yang tidak mau mencairkan adalah bupati,” pungkasnya. 

Dengan dipastikan tak cairnya dana hibah koni tahun 2023, Mirza akan melakukan beberapa langkah seperti membuat pengumuman dan selanjutnya, akan mengadakan rapat pengurus untuk membahas beberapa hal yang harus diselesaikan. 

“Terkait nasib para atlet dan terkait koni kedepannya akan kita adakan rapat pengurus untuk membahas,” pungkasnya. 

Sementara itu, hingga berita ini selesai ditulis, Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga, serta Pariwisata (Disbudporapar) Tuban Emawan Putra, saat di konfirmasi blokTuban terkait pencairan dana hibah KONI, ia tak memberikan tanggapan apapun. 

Begitupun Sekda Tuban, Budi Wiyana dan Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky belum memberikan komentar soal Kantor KONI di Jalan Pramuka tutup sementara. [Nur/Ali]