Jadwal dan Tuan Rumah Babak 28 Besar Liga 3 PSSI Jatim

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Liga 3 Kapal Api PSSI Jatim 2023 telah memasuki babak 28 besar. Dari total 12 tim yang mengajukan diri, Asprov PSSI Jatim memilih 7 tim yang menjadi tuan rumah di fase ini. Pemilihan tuan rumah  tersebut diputuskan pada rapat Bidang Kompetisi, Rabu, 20 Desember 2023 di Sekretariat PSSI Jatim.

Ketujuh tuan rumah ini meliputi Persewangi Banyuwangi dengan homebase Stadion Diponegoro, Banyuwangi, Persid Jember (Stadion Jember Sport Garden, Jember), PSIL Lumajang (Stadion Semeru, Lumajang) Persiga Trenggalek (Stadion Minak Sopal, Trenggalek), Persedikab Kediri (Stadion Canda Bhirawa), Perssu Sumenep (Stadion A Yani), dan Persibo Bojonegoro (Stadion Letjen H. Soedirman).

“Pemilihan tujuh tuan rumah ini dengan pertimbangan proporsional dan profesional. Tidak ada tendensi apa pun. Murni karena alasan teknis terkait fasilitas stadion dengan standar sesuai Perpol. Serta adanya satu kota yang memiliki dua tim. Kami menghindari penumpukan dua tim dari kota yang sama,” jelas Joko Tetuko, Sekretaris PSSI Jatim dalam keterangan resminya, Kamis (21/12/2023).

Selain alasan itu, PSSI Jatim menghindari adanya penumpukan dua tim dari kota yang sama dalam satu grup. Supaya kepolisian di daerah tertentu juga tidak bekerja ekstra. Sebab, kata Joko, jika sampai ada dua tim dari satu kota, otomatis kepolisian setempat bakal bekerja untuk pengamanan setiap hari.

Namun untuk babak 28 besar ini Banyuwangi menjadi tuan rumah satu tim saja, Persewangi. Sedangkan Banyuwangi Putra akan bertandang ke Jember.

Meski pada babak sebelumnya, suporter Banyuwangi dihukum oleh Komdis karena tidak sportif. Tapi pelanggaran yang mereka lakukan bukan kategori fatal. Asprov PSSI Jatim pun berharap, dengan kembali memberi kepercayaan kepada mereka, akan menjadi lecutan untuk memperbaiki kesalahan mereka sebelumnya.

“Itu akan melelahkan bagi kepolisian. Karena, mereka bisa melakukan pengamanan setiap hari jika sampai ada dua tim dari kota yang sama,” ujar Joko.

Faktor lainnya adalah jumlah penonton di babak sebelumya. penyebaran wilayah timur sampai ke barat, juga sponsor, dan sportivitas pendukung.

“Secara politis, kami memang agak megindari perkotaan karena di tahun politik ini, perkotaan kerap dijadikan tempat untuk agenda politik,” ujar Joko.

Babak 28 besar Liga 3 Kapal Api PSSI Jatim sendiri akan diputar pada bulan Januari, tepatnya tanggal 7, 9 dan 11 Januari 2024 mendatang. [Ali/Dwi]