Prakiraan Cuaca di Tuban 6 Mei 2023: Siang Cerah Malam Hujan Petir

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Perubahan cuaca yang terjadi Kabupaten Tuban belakangan ini patut menjadi perhatian seluruh masyarakat. Sebab, jika tidak waspada perubahan cuaca dapat menurunkan daya imun tubuh seseorang. 

Seperti prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada Sabtu (6/5/2023), cuaca di Kabupaten Tuban siang hari cerah tetapi hujan petir di malam hari. 

Kondisi cerah diprediksi BMKG terjadi di 20 kecamatan di Tuban. Berkisar mulai pukul 07.00 hingga 16.00 Wib. Mendung gelap mulai muncul pada pukul 19.00 dan berlanjut hujan petir pada pukul 22.00 Wib hingga dini hari Minggu (7/5). 

BMKG menginformasikan bahwa hanya beberapa wilayah yang dilanda hujan petir nanti malam. Diantaranya Kecamatan Bancar, Bangilan, Jatirogo, Kenduruan, dan Kerek. Lalu, ada Kecamatan Singgahan, dan Tambakboyo. 

"Wilayah yang hujan tanpa petir yaitu Kecamatan Parengan, Rengel, Senori, dan Soko. Wilayah lain hanya mendung gelap," tulis BMKG di laman resminya. 

Selain cuaca, BMKG juga mengeluarkan peringatan dini hujan lebat disertai petir dan angin kencang pada malam hari. Di mana tinggi gelombang di perairan utara Tuban kisaran 0,10 -0,50 meter. 

Adapun suhu terendah di Kabupaten Tuban yaitu 23 derajat celcius dan paling panas 32 derajat celcius. Untuk kecepatan angin kisaran 20-30 km/jam dan kelembapan kisaran 60-100 persen. 

Nelayan yang beroperasi di Perairan Tuban-Lamongan diharapkan selalu mengupdate cuaca dari BMKG. Sebab, mulai 6-10 Mei 2023 ketinggian gelombang laut Tuban dapat mencapai 1,50 meter. 

BMKG Maritim Perak Surabaya menambahkan, gelombang maksimum dapat mencapai dua kali lipatnya. Keberadaan awan Cumulonimbus (Cb) yang luas dan gelap dapat menambah kecepatan angin dan tinggi gelombang. [Ali/Dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS