Tuban Punya 8 Desa Mata, Warganya Diberi Kacamata hingga Operasi Katarak

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Dalam rangka memperingati puncak Hari Penglihatan Sedunia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban melalui Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Tuban, bekerjasama dengan Yayan Paramitra Jawa Timur menggelar kegiatan talkshow, bertempat di Lantai 3 Kantor Pemkab Tuban.

Kepala Dinkes P2KB Kabupaten Tuban, Bambang Priyo Utomo mengatakan jika kegiatan talkshow, yang bertajuk menguatkan partisipasi masyarakat, akan menjamin keberlanjutan program kesehatan mata ini,  bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap program kesehatan mata di Kabuapaten Tuban.

“Peringatan Hari Penglihatan Sedunia, kita gabung dengan talkshow hari ini, dengan menyampaikan beberapa makalah dari desa-desa yang sudah dipakai proyek, untuk program kesehatan mata ini,” ujarnya saat dikonfirmasi, Kamis (29/12/2022).

Baca juga:

60 Warga Tuban Dapat Operasi Katarak Gratis di RSUD Koesma

Hingga saat ini, lanjut Bambang, sapaan akrabnya, sudah ada delapan desa yang menjadi desa mata. Diantaranya seperti Desa Glagahsari dan Desa Pandanwangi Kecamatan Soko, Desa Ngino Kecamatan Semanding, serta  Desa Sembungrejo dan juga Desa Tobo Kecamatan Merakurak.

Selain itu, tiga desa lainnya ialah Desa Ngadipuro Keacamatan Widang, Desa Sawangan Kecamatan Rengel, dan Desa Sembungin Kecamatan Bancar.

“Programnya ada banyak, di samping untuk semua pemeriksaan kesehatan mata, pemberian kacamata, operasi katarak, dan masih banyak lagi kegiatan yang semuanya sangat bermanfaat bagi masyarakat,” jelasnya.

Dengan banyaknya kebermanfaatan yang dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Tuban, maka Bambang berharap untuk ke depannya kerjasama antara Pemkab Tuban bersama Yayasan Paramitra dapat terus berlanjut.

Sementara Direktur Yayasan Paramitra Jawa Timur, Asiah Sugianti mengungkapkan tema dalam talkshow tersebut dipilih, lantaran jika partisipasi masyarakat kuat maka akan menjamin keberlanjutan program.  

”Kami ada dua program, yang program katarak di masyarakat, kalau program yang refraksi itu di SMP dan MTs, maka kami kerjasama dengan Kemenag dan Dinas Pendidikan,” sambungnya.

Lebih lanjut, Aisih menambahkan jika sampai saat ini, Kabupaten Tuban sudah menerima bantuan kacamata gratis sebanyak 900. Semetara masyarakat yang mendapatkan bantuan operasi katarak gratis kurang lebih 1000 orang. [Sav/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS