Tingkat Kesadaran Donor Darah Tinggi, Stok Darah PMI Tuban Overload

Reporter: Savira Wahda Sofyana

 

blokTuban.com – Tingginya kesadaran masyarakat di Kabupaten Tuban, terhadap manfaat mendonorkan darah, membuat stok darah di Unit Donor Darah Palang Merah (UDD PMI) Kabupaten Tuban overload, menjelang pergantian tahun baru.

Hal tersebut, terjadi disinyalir lantaran banyak masyarakat yang sudah mengetahui pentingnya donor darah bagi kesehatan tubuh. Disamping itu, donor darah juga merupakan pekerjaan yang mulia, karena turut membantu orang yang sedang membutuhkan tambahan darah.

Saat dikonfirmasi oleh blokTuban.com, Humas dan Rekruitmen Donor Darah PMI Kabupaten Tuban, Sardju Effendy membenarkan jika saat ini stok darah di UDD PMI Tuban sedang overload.

“Betul saat ini stok darah di UDD PMI Tuban memang sedang overload,” ujarnya kepada blokTuban.com saat dikonfirmasi, Rabu (28/12/2022).

Baca juga:

PMI Tuban Pastikan Stok Darah Aman hingga Tahun Depan

 

Peringati HUT Kodam V Brawijaya Ke 74, Kodim 0811 Tuban Gelar Kegiatan Sosial

Dari data yang dihimpun oleh blokTuban.com, hingga saat ini terdapat sekitar 645 kantong darah, yang terdiri dari golongan darah A sebanyak 142, golongan darah B sebanyak 189, golongan darah O sebanyak 54, sementaran AB tersedia sebanyak 54 kantong darah.

Akibat dari banyaknya ketersediaan darah, maka untuk sementara waktu ada beberapa pendonor darah dengan golongan darah tertentu, yang disarankan oleh pihak PMI Tuban, untuk menunda melakukan donor darah, dengan mempertimbangkan stok darah yang sedang overload tersebut.

”Sementara ada beberapa pendonor dengan golda (golongan darah) tertentu, yang kita sarankan untuk menunda melakukan donor darahnya,” jelasnya.

Hal tersebut, dilakukan guna mengantisipasi agar tidak ada kantong darah yang terbuang dengan sia-sia, mengingat darah juga memiliki masa kadaluarsa setelah diambil dari tubuh.

“Kami hanya berupaya agar darah tidak sampai overload dan terbuang sia-sia mbak,” imbuhnya. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS