Masih Aktif, Mortir Akhirnya Diledakkan di Lapangan Tembak Semen Tuban

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Mortir yang ditemukan di belakang rumah Sunoto (60), warga Desa Padasan, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban ternyata masih aktif. Setelah diamankan petugas Jibom Gegana Polda Jawa Timur, mortir langsung dibawa untuk diledakkan. 

Senjata peledak tersebut, pertama kali ditemukan pemilik rumah sekitar pukul 10.00 Wib, Senin (5/9/2022). Sunoto waktu itu hendak membersihkan tanah yang berada di belakang rumahnya di RT 2 RW 2 Desa Padasan.

Sebidang tanah di belakangan rumah Sunoto, rencananya mau didirikan bangunan. Sesaat ia membersihkan dan menggali beberapa tunas pisang, muncul sebuah benda aneh dan keras. Merasa curiga, ia langsung melaporkan ke Babinsa dan Bhabinkamtimbas desa setempat. 

“Setelah menemukan benda aneh tersebut bapak menyuruh saya menghubungi Bhabinkamtibmas dan juga Babinsa dan keduanya datang pada pukul 15.00 Wib. Setelah di lihat ternyata itu adalah sebuah mortir dan langsung dilaporkan ke Polsek Kerek,” ucap Abdul Qodir(40) anak dari Sunoto kepada blokTuban.com, Selasa (06/09/2022).

Baca juga :

BREAKING NEWS : Penemuan Mortir di Desa Padasan Tuban, Tim Gegana Turun ke Lokasi

Gegana Polda Jatim Ledakkan Belasan Mortir

Heboh....! Belasan Mortir Ditemukan di Tuban

Setelah diketahui bahwa benda aneh tersebut adalah Mortir, lanjut Qodir malamnya tim identifikasi ke lokasi ditemukannya mortir dan melakukan pengamanan. Lalu, pada Selasa (6/9/2022) pada pukul 09.00 Wib tim Jibom Gegana Polda Jatim ke lokasi di temukannya mortir. 

Setelah itu mortir dibawa ke lapangan tembak PT. Semen Indonesia Desa Pongpongan, Kecamatan Merakurak untuk diledakkan. 

"Mortir telah dibawa oleh tim Jibom Gegana Polda Jatim ke lapangan tembak Desa Pongpongan diledakan karena masih aktif," tambahnya.

Saat ditanya terkait sejarah desa apakah ada riwayat cerita pertempuran pejuaangan di Desa Padasan, Abdul Qodir tidak pernah mendengar cerita tersebut. [Nur/Ali]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS