Ingin Hemat dalam Mengatur Gaji? Simak 5 Tips Berikut Ini!

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

 

blokTuban.comSobat blokers (Pembaca setia bloktuban.com) gajian adalah waktu yang paling membahagiakan bagi banyak orang. Hasil kerja keras sebulan, pun jadi dambaan setiap orang. Banyaknya keinginan dan wishlist juga menjadi alasan selalu menunggu hari gajian. Bahkan ada yang merayakannya dengan menghibur teman dekat dan kerabat.

 

Namun, terlalu banyak kemewahan dapat mengubah waktu yang menyenangkan ini menjadi kesengsaraan. Banyak orang sering mengeluh tidak punya uang, padahal gajian baru saja berakhir. Jika ini terus berlanjut, pasti akan segera mengambil langkah untuk meminjam uang dari teman atau kreditur. Tentu saja, ini berbahaya dan hanya akan merugikan.

 

Untuk itu, perlu mengelola gaji bulanan dengan baik. Selain hemat, sobat blokers juga membutuhkan tabungan untuk mempersiapkan berbagai kebutuhan di masa depan. Mungkin sulit pada awalnya, tetapi perlu latihan untuk menghindari pemborosan uang. Berikut adalah beberapa tips tentang cara menghemat uang dengan manajemen penggajian.

 

1. Prioritaskan Hal Penting

Gaji tiap orang berbeda-beda. Namun, hal ini dapat menyebabkan orang yang bayarannya terlalu tinggi, meremehkan apa yang penting. Semisal, lupa membayar tagihan atau membeli kebutuhan pokok, dapat menjadi masalah ketika tak terpenuhi atau kurang. Alhasil, mereka tidak mampu memenuhi kebutuhan yang lebih penting.

 

Sangat penting untuk membuat diri bahagia setelah bekerja keras, tetapi harus membatasi diri dan memprioritaskan hal-hal yang lebih penting. Misalnya, jika merasa telah bekerja keras harus makanan enak yang mahal, buatlah hanya satu atau dua. Setelah itu, kembali ke kehidupan normal, sehingga dapat menahan diri untuk tidak mengkonsumsinya.

 

2. Pisahkan Uang Tabungan dan Pengeluaran

Salah satu alasan orang merasa sulit untuk menyimpan gaji mereka adalah karena tidak membedakan antara menabung dan membelanjakan. Jika masih menyimpan gaji di satu tempat, bagilah sekarang. Ini untuk menghindari penarikan uang berlebihan tanpa mengetahui berapa banyak yang akan dihemat dan berapa banyak yang harus dikeluarkan dalam sebulan.

 

Untuk melakukan ini, bagilah gaji dan hitung apa yang masuk ke tabungan dan apa yang masuk ke pengeluaran. Hal ini memungkinkan untuk bekerja lebih efisien dan menghemat uang secara teratur. Aturlah jumlah uang yang harus ditabung agar uang tersebut tidak digunakan untuk keperluan lain. Jadi, pisahkan tabungan dan pengeluaran sekarang!

 

3. Buat Daftar Pengeluaran

Sumber: Karolina Grabowska – canva.com

Selama sebulan, seseorang menghabiskan banyak uang, terutama untuk kebutuhan dasar. Uang juga habis  untuk hal-hal seperti makanan dan belanja. Jika tidak mengatur uang dengan baik, akan kehabisan uang dengan cepat, dan pada akhir bulan, mungkin akan bangkrut. Untuk itu, membuat daftar pengeluaran bulanan untuk melacak apa yang telah terbelanjakan.

 

Untuk mempermudah, pertama-tama perlu mencatat pengeluaran-pengeluaran tertentu terlebih dahulu, seperti cicilan dan tagihan yang harus dibayar setiap bulannya. Kemudian dapat mencatat pengeluaran harian, seperti makan di luar atau berbelanja.

 

Sekarang ada banyak aplikasi pelacakan pengeluaran bulanan dan harian yang tersedia untuk diunduh di HP Android. Tentu hal ini akan membantu mengelolal uang yang sudah terkumpul dengan susah payah.

 

4. Tahan Diri

Ada begitu banyak hal yang diinginkan dan dapat dibeli dengan uang pribadi. Dengan gaji setiap orang juga berhak menggunakannya untuk membeli apa yang jadi keinginan. Tetapi perlu diketahui, jika pemikiran seperti itu dapat menyebabkan kurangnya batasan dalam cara mengelola keuangan?

 

Alih-alih “demi kepuasan” membeli barang-barang mahal yang tidak terlalu penting, perlu ditahan. Namun, jika benar-benar menginginkan sesuatu yang mahal, lebih baik mendapatkannya terlebih dahulu. Dengan begitu tidak akan kehabisan gaji dalam waktu dekat dan terhindar dari pemborosan.

 

5. Rutin Menabung

Menabung adalah untuk masa depan. Daripada hanya membeli barang mahal, uang harus dihemat agar bisa digunakan untuk kebutuhan mendesak dan aset masa depan.

 

Menabung itu perlu untuk menghindari pemborosan. Menabung mungkin tidak mudah bagi banyak orang, tetapi bisa melatih diri untuk membiasakan diri.

 

Sebagai salah satu cara untuk hemat sekaligus mengelola pendapatan, menabung adalah langkah yang tepat. Untuk melakukan ini, sisihkan sejumlah uang gajian dan simpan. Jika ini dilakukan secara konsisten, tanpa disadari tabungan akan terus bertambah dan tersedia untuk penggunaan yang lebih bermanfaat.

 

Mengelola keuangan bukanlah hal yang mudah, apalagi bagi kaum muda yang hanya memiliki satu pekerjaan. Jadi prioritas adalah sesuatu yang perlu dilakukan agar tidak terjadi pemborosan.

 

Mengatur dan mencatat pengeluaran harian itu perlu, agar gaji tidak lenyap dalam sekejap mata. Mengurangi belanja skunder adalah cara lain untuk menghindari pemborosan. Ini adalah lima tips untuk menghemat uang pada manajemen penggajian. Mungkin berguna! Selamat mencoba [rof]

 

BACA BERITA MENARIK LAINNYA DI: GOOGLE NEWS