09:00 . Harga Emas Anam 30 November 2022 Naik di Level Rp981.000 Per Gram, Semua Stok Available   |   08:00 . 3 Hal Penting Urusan Hutang-Piutang dalam Islam   |   19:00 . Hujan Deras Akibatkan Longsor di Banyuurip Tuban   |   18:00 . Lirik Lagu Dreamers - Jungkook (BTS) Feat Fahad Al Kubaisi OST Piala Dunia 2022 dan Terjemah   |   17:00 . Warga Tuban Dikagetkan Seekor Ular Piton di Depan Rumahnya   |   16:00 . Cabor Kick Boxing Tuban Sabet 16 Medali di Usia yang masih muda   |   15:00 . Jelang Nataru, TPID Tuban Lakukan Pengawasan Kenaikan Harga Sembako di Pasar Baru Tuban   |   14:00 . Meriahkan Hari Jadi Tuban Ke-729, Puluhan Tukang Becak Ikuti Lomba Ketangkasan   |   13:00 . Hobi Diecast yang Menghasilkan Cuan, Pemuda Asal Tuban Buka Jasa Modifikasi Mobil Miniatur   |   12:00 . UMK Tuban Dipastikan Naik Tahun Depan   |   11:00 . 10 Organisasi Profesi di Tuban Tolak Ruu Kesehatan, Ini Bunyi Tuntutannya   |   10:00 . PLN Adakan Peningkatan Keandalan Listrik pada 2 Kecamatan di Tuban 1 Desember 2022 Mendatang   |   09:00 . Trend Harga Emas Antam Turun, Hari ini 29 November 2022 Dibandrol Rp977.000 Per Gram   |   08:00 . Doa Supaya Selamat dari Segala Bencana dan Mara Bahaya   |   18:00 . Sosiawan Leak Tour ke Tuban, Antusias Berpuisi Tinggi   |  
Wed, 30 November 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Tips Menanam Buah Blewah di Pekarangan Rumah, Cocok Ditanam Saat Musim Kemarau

bloktuban.com | Tuesday, 03 May 2022 10:00

Tips Menanam Buah Blewah di Pekarangan Rumah, Cocok Ditanam Saat Musim Kemarau Buah blewah sering ditanam oleh petani Desa Penidon, Kecamatan Plumpang. (Foto:Sav/blokTuban,com)

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.comBuah blewah merupakan buah yang paling banyak dijumpai saat bulan Ramadan tiba, tidak hanya karena berasa manis dan segar saat diolah, akan tetapi di bulan puasa harga pasaran dari buah satu ini bernilai jual tinggi. 

Oleh karena itu, banyak petani-petani buah yang memanfaatkan momentum bulan Ramadan untuk memanen buah blewah. Di Kabupaten Tuban sendiri, ada banyak masyarakat yang menanam blewah, salah satunya Budi, warga Desa Penidon, Kecamatan Plumpang. 

Akan tetapi, selama bertahun-tahun menanam buah bewarna orange ini, ia mengaku jika hasil panen buah tahun ini kurang memuaskan. Lantaran blewah tidak berbuah secara maksimal lantaran ditanam pada musim penghujan

“Kalau rendeng (musim penghujan) buahnya kurang maksimal kecil-kecil terus ngerawatnya juga susah karena banyak penyakit, bagusnya buah itu memang tanam pas kemarau seharusnya,” terangnya kepada blokTuban.com, Selasa (3/5/2022). 

Untuk dapat menanam buah blewah, lanjutnya jika langkah pertama yang harus disiapkan ialah memberikan pupuk dasar tanaman. Barulah mempersiapkan bibit dan penyemaian benih blewah. 

Setelah bibit blewah berumur 10 hingga 14 hari, bibit kemudian siap dipindahkan ke lahan yang sudah disediakan. Sebelum memasukkan bibit ke dalam lubang terlebih dahulu lubang tanah disiram hingga basah. 

“Pertama ditanam bijinya, tanahnya diberi lubang dengan ditumbuk. Lalu bijinya dimasukkan ke lubang itu dengan ditekan sedikit,” katanya. 

Penekanan pada tanah itu sendiri, dimaksudkan agar tanah yang berada disekitar lubang tanah bibitnya bisa berdiri dengan kokoh, setelah itu barulah bibit tersebut disiram. 

Selanjutnya, seusai bibit berhasil ditanam maka langkah selanjutnya ialah melakukan perawatan dengan memberi obat-obatan agar tanaman tidak terserang oleh hama penyakit yang bisa mematikan. 

“Disiram urea ini sampai panen kemarin sudah lima kali nyiram, yang sering itu mengobati karena musim hujan. Jadi habis hujan disemprot terus,” terangnya. 

Oleh karena itu, pria ramah ini menilai jika penaman buah melon lebih baik jika ditanam saat musim kemarau tiba, karena lebih kecil resiko terserang hama penyakit. Lebih lanjut, ia juga mengatakan jika masa panen buah blewah cenderung lebih cepat yaitu minimal 50 hari dari masa tanam. [Sav/Ali]

 

Tag : Tuban, Kabupaten Tuban, buah blewah, tanam buah, blewah Plumpang



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 06 November 2022 11:00

    Blok Cerpen

    Takdir

    Takdir Entah apa saja yang sudah kulewati di tahun 2020, aku hanya ingin menuliskan sebuah pintu harapan....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat