23:00 . 8 Khasiat Air Kelapa Wulung Muda Tuban yang Harganya Lebih Mahal dari Kelapa Ijo   |   22:00 . Polisi Tandai 2 Lokasi Balap Liar di Tuban, Patroli Spontan akan Digalakkan   |   21:00 . Bappeda Tuban Prediksi Reaktitasi Jalur Kereta Api Lebih Dulu Dibanding Tol Demak-Tuban   |   20:30 . Posko Penyekatan Hewan Ternak di Perbatasan Tuban-Rembang   |   20:00 . 60 Calon Pengantin di Tuban Dibekali 8 Materi, agar Terhindar Perceraian hingga KDRT   |   19:30 . Ada Posko Sekat PMK Mulai 5-15 Juli 2022, Tuban Tak Terima Ternak dan Daging dari Luar Jatim   |   19:00 . 6 Destinasi Wisata Air Terjun di Tuban Ini Dijamin Menyegarkan Mata Anda!   |   18:00 . Balap Liar di Tuban Bikin Resah Pengguna Jalan, dari JT Bawah Bergeser ke Tikungan Tundung Musuh   |   17:00 . Alamat Kantor Inspektorat Tuban dan Maklumat Pelayanan 2022   |   16:00 . Netizen Komplain Salah Sasaran ETLE Mau Laporan di Samsat Rumit! Polres Tuban: Mudah, Tidak Sampai 1 Hari   |   15:00 . Lirik Lagu dan Chord Gitar Noah (Peterpan) - 'Di Atas Normal'   |   14:00 . Terima Dua Manfaat, Ini yang Dapat Calon Pegantin Tuban   |   13:00 . Lowongan Kerja S1 untuk 10 Posisi di Wings Group Surabaya   |   12:00 . Ranggalawe Mangkat | Teater Komunitas Warna Tuban   |   11:00 . 6.608 Penduduk Tuban Usia Kerja Menganggur, DPRD: Apa yang Dilakukan Pemkab?   |  
Wed, 06 July 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Tips Menanam Buah Blewah di Pekarangan Rumah, Cocok Ditanam Saat Musim Kemarau

bloktuban.com | Tuesday, 03 May 2022 10:00

Tips Menanam Buah Blewah di Pekarangan Rumah, Cocok Ditanam Saat Musim Kemarau Buah blewah sering ditanam oleh petani Desa Penidon, Kecamatan Plumpang. (Foto:Sav/blokTuban,com)

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.comBuah blewah merupakan buah yang paling banyak dijumpai saat bulan Ramadan tiba, tidak hanya karena berasa manis dan segar saat diolah, akan tetapi di bulan puasa harga pasaran dari buah satu ini bernilai jual tinggi. 

Oleh karena itu, banyak petani-petani buah yang memanfaatkan momentum bulan Ramadan untuk memanen buah blewah. Di Kabupaten Tuban sendiri, ada banyak masyarakat yang menanam blewah, salah satunya Budi, warga Desa Penidon, Kecamatan Plumpang. 

Akan tetapi, selama bertahun-tahun menanam buah bewarna orange ini, ia mengaku jika hasil panen buah tahun ini kurang memuaskan. Lantaran blewah tidak berbuah secara maksimal lantaran ditanam pada musim penghujan

“Kalau rendeng (musim penghujan) buahnya kurang maksimal kecil-kecil terus ngerawatnya juga susah karena banyak penyakit, bagusnya buah itu memang tanam pas kemarau seharusnya,” terangnya kepada blokTuban.com, Selasa (3/5/2022). 

Untuk dapat menanam buah blewah, lanjutnya jika langkah pertama yang harus disiapkan ialah memberikan pupuk dasar tanaman. Barulah mempersiapkan bibit dan penyemaian benih blewah. 

Setelah bibit blewah berumur 10 hingga 14 hari, bibit kemudian siap dipindahkan ke lahan yang sudah disediakan. Sebelum memasukkan bibit ke dalam lubang terlebih dahulu lubang tanah disiram hingga basah. 

“Pertama ditanam bijinya, tanahnya diberi lubang dengan ditumbuk. Lalu bijinya dimasukkan ke lubang itu dengan ditekan sedikit,” katanya. 

Penekanan pada tanah itu sendiri, dimaksudkan agar tanah yang berada disekitar lubang tanah bibitnya bisa berdiri dengan kokoh, setelah itu barulah bibit tersebut disiram. 

Selanjutnya, seusai bibit berhasil ditanam maka langkah selanjutnya ialah melakukan perawatan dengan memberi obat-obatan agar tanaman tidak terserang oleh hama penyakit yang bisa mematikan. 

“Disiram urea ini sampai panen kemarin sudah lima kali nyiram, yang sering itu mengobati karena musim hujan. Jadi habis hujan disemprot terus,” terangnya. 

Oleh karena itu, pria ramah ini menilai jika penaman buah melon lebih baik jika ditanam saat musim kemarau tiba, karena lebih kecil resiko terserang hama penyakit. Lebih lanjut, ia juga mengatakan jika masa panen buah blewah cenderung lebih cepat yaitu minimal 50 hari dari masa tanam. [Sav/Ali]

 

Tag : Tuban, Kabupaten Tuban, buah blewah, tanam buah, blewah Plumpang



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 04 July 2022 19:00

    Tantangan Guru di Era Kurikulum Merdeka Belajar

    Tantangan Guru di Era Kurikulum Merdeka Belajar Merdeka belajar merupakan suatu program kebijakan baru yang diputuskan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim. beliau mengatakan bahwa program merdeka belajar menjadi suatu terobosan untuk...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat