Tips Menanam Buah Blewah di Pekarangan Rumah, Cocok Ditanam Saat Musim Kemarau

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.comBuah blewah merupakan buah yang paling banyak dijumpai saat bulan Ramadan tiba, tidak hanya karena berasa manis dan segar saat diolah, akan tetapi di bulan puasa harga pasaran dari buah satu ini bernilai jual tinggi. 

Oleh karena itu, banyak petani-petani buah yang memanfaatkan momentum bulan Ramadan untuk memanen buah blewah. Di Kabupaten Tuban sendiri, ada banyak masyarakat yang menanam blewah, salah satunya Budi, warga Desa Penidon, Kecamatan Plumpang. 

Akan tetapi, selama bertahun-tahun menanam buah bewarna orange ini, ia mengaku jika hasil panen buah tahun ini kurang memuaskan. Lantaran blewah tidak berbuah secara maksimal lantaran ditanam pada musim penghujan

“Kalau rendeng (musim penghujan) buahnya kurang maksimal kecil-kecil terus ngerawatnya juga susah karena banyak penyakit, bagusnya buah itu memang tanam pas kemarau seharusnya,” terangnya kepada blokTuban.com, Selasa (3/5/2022). 

Untuk dapat menanam buah blewah, lanjutnya jika langkah pertama yang harus disiapkan ialah memberikan pupuk dasar tanaman. Barulah mempersiapkan bibit dan penyemaian benih blewah. 

Setelah bibit blewah berumur 10 hingga 14 hari, bibit kemudian siap dipindahkan ke lahan yang sudah disediakan. Sebelum memasukkan bibit ke dalam lubang terlebih dahulu lubang tanah disiram hingga basah. 

“Pertama ditanam bijinya, tanahnya diberi lubang dengan ditumbuk. Lalu bijinya dimasukkan ke lubang itu dengan ditekan sedikit,” katanya. 

Penekanan pada tanah itu sendiri, dimaksudkan agar tanah yang berada disekitar lubang tanah bibitnya bisa berdiri dengan kokoh, setelah itu barulah bibit tersebut disiram. 

Selanjutnya, seusai bibit berhasil ditanam maka langkah selanjutnya ialah melakukan perawatan dengan memberi obat-obatan agar tanaman tidak terserang oleh hama penyakit yang bisa mematikan. 

“Disiram urea ini sampai panen kemarin sudah lima kali nyiram, yang sering itu mengobati karena musim hujan. Jadi habis hujan disemprot terus,” terangnya. 

Oleh karena itu, pria ramah ini menilai jika penaman buah melon lebih baik jika ditanam saat musim kemarau tiba, karena lebih kecil resiko terserang hama penyakit. Lebih lanjut, ia juga mengatakan jika masa panen buah blewah cenderung lebih cepat yaitu minimal 50 hari dari masa tanam. [Sav/Ali]