18:00 . Nurul Qur’an Bancar Kebobolan 8 Gol, Kesebelasan Mutholibul Huda Jenu Lolos Final   |   17:30 . Trending! Nathalie Holscher Gugat Cerai Sule, Putri Delina Disebut Biang Keladi   |   17:00 . Manganan di Gedongombo Tuban : Berharap Tanaman Lebih Subur   |   16:00 . Tumpah Ruah 1.700 Warga Gedongombo Tuban Manganan di Makam Syeh Maulana Iskhak Al-Maghribi   |   15:00 . Persiapan Wukuf, Jemaah Haji Asal Tuban Mulai Geser ke Arafah   |   14:00 . Harga Bawang Putih di Tuban Naik Ikuti Bawang Merah, Hampir Setara Minyak Goreng Kemasan   |   13:00 . 10 Destinasi Wisata di Tuban Pas Banget Buat Liburan Idul Adha, Buruan Piknik!   |   12:00 . Meraup Cuan dari Usaha Tusuk Sate Jelang Idul Adha di Tuban   |   11:30 . Tusuk Sate Tuban, Usaha Keluarga Sejak 1987   |   11:00 . Ramalan Shio 7 Juli 2022: Bisa Jadi yang Kalian Butuhkan Adalah Healing!   |   10:30 . Bakal Tusuk Sate di Tuban Dijemur Sehari   |   10:00 . Lowongan Kerja Lulusan SMA hingga S1 Ada 10 Formasi di PT Indofood Group   |   09:30 . Kampung Tusuk Sate di Tuban   |   09:00 . Prestasi Tuban di Porprov Jatim VII Melesat, Mas Bupati Turun Langsung hingga Atlet Pecahkan Rekor   |   08:00 . 5 Butir Isi Perjanjian Hudaibiyah, Antara Kaum Muslim dan Quraisy   |  
Thu, 07 July 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Tips Memilih Buah Blewah Yang Segar Untuk Berbuka Puasa

bloktuban.com | Friday, 15 April 2022 15:00

Tips Memilih Buah Blewah Yang Segar Untuk Berbuka Puasa Buah blewah mudah ditemukan di Kecamatan Plumpang saat bulan puasa. (Foto:Sav/blokTuban.com)

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Saat bulan Ramadan tiba, banyak masyarakat yang berlalu lalang untuk berburu takjil guna disantap saat berbuka puasa. Bukan hanya makanan saja, akan tetapi minuman segar juga tak boleh ketinggalan. 

Selain kedua hal itu, salah satu yang menambah nikmat buka puasa adalah dengan menyantap buah yang segar. Di Indonesia sendiri, ada banyak pilihan buah segar yang bisa dinikmati saat berbuka, salah satunya buah bewarna kuning satu ini. 

Selain disantap secara langsung, buah blewah juga bisa diolah menjadi minuman segar yang kaya akan vitamin. Meskipun rasa dari blewah cenderung tidak manis, akan tetapi sangat cocok jika dipadukan dan disajikan dengan sirup yang memiliki rasa lebih manis. 

Kendati buah blewah mudah ditemui saat bulan Ramadan 1443 H, akan tetapi bagi kalian yang ingin membelinya juga harus mengetahui ciri-ciri buah blewah yang segar. Sebab, meskipun terlihat bagus akan tetapi seringkali buah blewah menjadi cepat busuk. 

Budi petani blewah di Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban mengatakan jika hendak membeli buah blewah maka sebaiknya memilih buah yang dominan bewarna kuning. 

“Kalau blewah yang sudah siap dimakan biasanya bisa dilihat dari warna kulitnya yang lebih kuning. Kalau yang warna hijau seperti ini berarti belum matang, nunggu beberapa hari dulu biasanya baru matang,” ungkapnya kepada blokTuban.com, Jumat (15/4/2022). 

Selain itu, untuk memastikan buah dalam keadaan masih segar dan manis, maka pembeli juga perlu untuk mencium aromanya. Biasanya, buah yang memiliki aroma harum sudah terjamin tingkat kesegaran dan kematangannya. 

Tidak hanya sampai disitu saja, hal lain yang perlu diperhatikan ialah pemilihan tekstur pada buah blewah. Dikatakan pria ramah ini jika buah yang sudah matang memiliki tekstur yang sedang. Artinya, tidak keras dan juga tidak terlalu lembek. 

“Biasanya ditekan dengan jari, kalau blewah yang sudah matang kalau ditekan tetap kuat, jadi nggak lembek. Kalau ditekan lembek biasanya sudah mau busuk,” katanya. 

Lebih lanjut, dalam hal pemilihan buah blewah yang segar ini ialah pembeli hendaknya juga  memilih buah blewah dengan kulit yang mulus, dalam artian tidak cacat. Sebab, kulit buah yang memiliki kulit cacat biasanya akan cepat mengalami pembusukan dan tidak bisa disimpan terlalu lama, meskipun dalam kulkas. [Sav/Ali]

Tag : blewah, petani Plumpang, tips memilih, buka puasa



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat