Tips Memilih Buah Blewah Yang Segar Untuk Berbuka Puasa

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Saat bulan Ramadan tiba, banyak masyarakat yang berlalu lalang untuk berburu takjil guna disantap saat berbuka puasa. Bukan hanya makanan saja, akan tetapi minuman segar juga tak boleh ketinggalan. 

Selain kedua hal itu, salah satu yang menambah nikmat buka puasa adalah dengan menyantap buah yang segar. Di Indonesia sendiri, ada banyak pilihan buah segar yang bisa dinikmati saat berbuka, salah satunya buah bewarna kuning satu ini. 

Selain disantap secara langsung, buah blewah juga bisa diolah menjadi minuman segar yang kaya akan vitamin. Meskipun rasa dari blewah cenderung tidak manis, akan tetapi sangat cocok jika dipadukan dan disajikan dengan sirup yang memiliki rasa lebih manis. 

Kendati buah blewah mudah ditemui saat bulan Ramadan 1443 H, akan tetapi bagi kalian yang ingin membelinya juga harus mengetahui ciri-ciri buah blewah yang segar. Sebab, meskipun terlihat bagus akan tetapi seringkali buah blewah menjadi cepat busuk. 

Budi petani blewah di Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban mengatakan jika hendak membeli buah blewah maka sebaiknya memilih buah yang dominan bewarna kuning. 

“Kalau blewah yang sudah siap dimakan biasanya bisa dilihat dari warna kulitnya yang lebih kuning. Kalau yang warna hijau seperti ini berarti belum matang, nunggu beberapa hari dulu biasanya baru matang,” ungkapnya kepada blokTuban.com, Jumat (15/4/2022). 

Selain itu, untuk memastikan buah dalam keadaan masih segar dan manis, maka pembeli juga perlu untuk mencium aromanya. Biasanya, buah yang memiliki aroma harum sudah terjamin tingkat kesegaran dan kematangannya. 

Tidak hanya sampai disitu saja, hal lain yang perlu diperhatikan ialah pemilihan tekstur pada buah blewah. Dikatakan pria ramah ini jika buah yang sudah matang memiliki tekstur yang sedang. Artinya, tidak keras dan juga tidak terlalu lembek. 

“Biasanya ditekan dengan jari, kalau blewah yang sudah matang kalau ditekan tetap kuat, jadi nggak lembek. Kalau ditekan lembek biasanya sudah mau busuk,” katanya. 

Lebih lanjut, dalam hal pemilihan buah blewah yang segar ini ialah pembeli hendaknya juga  memilih buah blewah dengan kulit yang mulus, dalam artian tidak cacat. Sebab, kulit buah yang memiliki kulit cacat biasanya akan cepat mengalami pembusukan dan tidak bisa disimpan terlalu lama, meskipun dalam kulkas. [Sav/Ali]