23:59 . Cek Namamu di Link Pemilu Ini, Lapor ke Bawaslu Tuban Jika Merasa Dicatut Partai Politik   |   23:00 . Telepon, Alamat, dan Harga Hias Sepeda Maskot Karnaval dan Pengiring di Tuban   |   21:00 . Honor Petugas Badan Ad Hoc Pemilu 2024 Setara UMK Tuban   |   20:00 . Tak Merasa Ikut Partai Politik, 3 Warga Tuban yang Namanya Dicatut Lapor Bawaslu   |   19:00 . Mengintip Pembuatan Kostum Karnival di Tuban Seharga Ratusan Ribu hingga Jutaan Rupiah   |   18:00 . Sosok Ipda Kistelya Pratayama Ray, Perempuan Asal Riau yang Suka Becek Mentok Khas Tuban   |   17:00 . BMKG Prediksi Cuaca di Tuban 9 Agustus 2022: Malam Hari Hujan Ringan   |   16:00 . Literasi Sekolah Anak, Pemuda Tuban Ini akan Safari ke 50 Sekolah di Jawa Timur   |   15:00 . Tumbuhkan Minat Baca Tulis Pelajar, Gerakan Safari Literasi akan Menyasar Sekolah dari Tuban hingga Madura   |   14:00 . Warga Desa Wukiharjo Tuban Ramai-ramai Bikin Nugget dan Jamur dari Jagung, hingga Bouket   |   13:00 . Ini Jadwal dan Lokasi Semarak Agustus di Lamongan, Mulai Agustus Sampai Oktober 2022   |   12:00 . Selasa 9 Agustus 2022: Dua Hari Daging Ayam dan Bawang Merah di Tuban Turun, Diikuti Cabai Biasa   |   11:00 . Jawara Kicau Nasional, Burung Murai ini Ditawar Rp100 Juta   |   10:00 . Pelatihan Gratis Batch 5 UPT BLK Tuban, Ada 3 Kejuruan Kompetensi yang Bisa Dipilih   |   09:00 . Naik Rp9.000, Harga Emas Antam Per Gram Capai Rp996.000   |  
Wed, 10 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Sejarah Singkat Hari Jadi Sima Warunggahan Tuban ke-717 dan Hadiah Raja Singosari

bloktuban.com | Sunday, 24 April 2022 11:00

Sejarah Singkat Hari Jadi Sima Warunggahan Tuban ke-717 dan Hadiah Raja Singosari Komplek Makam Patih Barat Ketigo di Desa Prunggahan Wetan, Kecamatan Semanding. (Foto:Sav/blokTuban.com)

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.comKabupaten Tuban merupakan daerah yang dikenal oleh masyarakat sebagai daerah yang penuh sejarah terkait penyebaran agama Islam di Indonesia, maka tak heran jika hingga saat ini banyak cagar budaya yang masih bisa ditemukan. 

Salah satu wilayah di Kabupaten Tuban yang memiliki situs budaya ialah Kecamatan Semanding. Tidak hanya terdapat situs Watu Gajah saja, ternyata di dekat sana juga terdapat sebuah kerajaan yaitu Kerajaan Warunggahan. Menurut Kepala Desa Perungguhan Wetan, Hari Winarko jika Kerajaan Warunggahan sudah berdiri sejak ratusan tahun yang lalu, tepatnya 24 April tahun 1305. 

Oleh karena itu, setiap tanggal 24 April di Perungguhan Wetan selalu diperingati Hari Jadi Warunggahan yang tahun ini menginjak usia ke 717 tahun. Menurut ceritanya, Warunggahan ini diperingati pada tanggal 24 ketika ahli waris dari Kerajaan Warunggahan yang minta kepada Raja Singosari. 

Sebab, SIMA atau penghargaan daerah istimewa bebas pajak hilang dikarenakan adanya gempa bumi yang terjadi sekitar tahun 1000-an. Akhirnya ahli waris tersebut meminta kepada raja dan kemudian diberikanlah SIMA yang kedua pada tanggal 24 April 1305 tersebut. 

“Akhirnya saya peringati berdasarkan bukti dari pada prasasti yang kita temukan. Jadi tidak ngarang, tetapi berdasarkan fakta,” terangnya kepada blokTuban.com, Minggu (24/4/2022). 

Setiap tahunnya, peringatan hari jadi tersebut terus dilaksanakan dengan menggelar serangkaian acara termasuk pada tahun ini. Karena saat ini bertepatan dengan bulan suci Ramadan, untuk sementara digelar dengan acara yang sederhana yaitu menggelar syukuran dan buka bersama di balaidesa setempat dengan diikuti oleh masyarakat setempat. 

Kendati sudah diperingati secara sederhana, untuk selanjutnya pada tanggal 28-29 April nanti juga akan dilaksanakan peringatan dengan mengadakan festival papringan kedua dengan tema mengangkat perekonomian rakyat. 

“UMKM itu yang kita angkat terus kemudian kita buatkan stand-stand untuk bisa beraktivitas menjual produknya masing-masing. Kita tawarkan juga rencana kepada teman-teman desa yang lain untuk menampilkan produk unggulan desanya masing-masing,” ucapnya.

Selain itu, rencananya juga akan digelar serangkaian acara hiburan yang akan dibuka langsung oleh Bupati Tuban, diantara acaranya yaitu unen-unen (musik dari bambu), lodrok, kirab budaya yang diikuti oleh beberapa desa tetangga, selain itu juga akan ada pertunjukkan campursari. 

Lebih lanjut, Hari juga bercerita jika bukti prasasti yang ditemukan di Desa Perungguhan Wetan oleh salah satu warga pada tahun 2017 tersebut, berupa kotak yang berisikan 14 lempengan. Dimana 12 diantara lempengan tersebut bertuliskan sejarah. 

“Prasasti itu ditemukan oleh warga pada saat menggali pondasi, namanya Cipto yang berprofesi sebagai tukang batu, ketika itu menemukan kotak berisi lempengan-lempengan itu. Ada 14 lempeng yang 12 lempeng itu ada tulisannya kaitannya dengan sejarah,” paparnya. 

Setelah salah satu warganya menemukan prasasti tersebut, lanjut Hari saat ini ia beralih profesi lantaran banyak dimintai tolong oleh masyarakat setempat terkait keluhan-keluhan yang dideritanya. 

“Setelah Cipto menemukan prasasti lempengan logam ini sekarang sudah tidak menjadi tukang batu, karena sekarang sering dimintai tolong oleh masyarakat dan apa yang dikeluhkan oleh masyarakat bisa sembuh. Terlepas masuk akal atau tidak realitanya seperti itu,” ungkapnya. [Sav/Ali]

 

Tag : Tuban, Kabupaten Tuban, Warunggahan, Raja Singosari, Bebas Pajak



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat