15:00 . Bupati Blora Ziarah ke Makam Tjitrosoman Tuban   |   11:00 . Wacana Difabel Tuban, Terima PKH, Ruang Kreasi, dan Diantar Jemput ke Sekolah   |   10:00 . Bupati Tuban Halindra akan Buat Cekungan di Bekas Galian Tambang   |   09:00 . Kepergok Curi Karet Bekas Belt Conveyor Milik PT. SBI, Dua Warga Sekitar Perusahaan Ditangkap   |   08:00 . Pelajar Tuban Peduli Korban Semeru, Mulai Salat Gaib hingga Galang Dana   |   07:00 . Cara Atasi Lemas dan Ngantuk Habis Sarapan Menurut Ahli Gizi   |   20:00 . Wamendag: Revitalisasi Pasar Rakyat Perkuat Pemulihan Ekonomi Nasional   |   19:00 . Merantau di Tuban, Residivis Asal Jepara Ini Nekat Gondol Motor Temannya   |   18:00 . Peduli Korban Semeru, Pelajar Tuban Salat Gaib dan Galang Dana   |   15:00 . Overkapasitas, Lagi-lagi Lapas Tuban Terima Pindahan 20 Napi Narkoba   |   14:00 . Suhada Erwin Resmi Jabat Dandim 0811 Tuban   |   13:00 . 7 Kali Dipenjara, Warga Merakurak Lagi-lagi Gasak Handphone Tetangga   |   12:00 . Lepas Sambut Dandim 0811 Tuban, Bupati Halindra Ungkap Kenangan Manis Bersama Viliala Romadhon   |   07:00 . 2 Kesalahan Pola Asuh yang Sering Dilakukan Orangtua Zaman Now   |   20:00 . Pemkab, Salurkan Bantuan untuk Korban Gunung Semeru   |  
Thu, 09 December 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

KB Tunas Bangsa Prunggahan Wetan Luncurkan Program Sedekah Sampah

bloktuban.com | Wednesday, 24 November 2021 14:00

KB Tunas Bangsa Prunggahan Wetan Luncurkan Program Sedekah Sampah Sedekah Sampah inovasi Desa Prunggahan Wetan, Kecamatan Semanding. (Foto: istimewa untuk bloktuban.com)

 

Reporter: Dina Zahrotul Aisyi

blokTuban.com- Kelompok Bermain (KB) Tunas Bangsa Desa Prunggahan Wetan, Kecamatan Semanding, Kabupten Tuban meluncurkan program Inovasi Sedekah Sampah di Balai Desa Prunggahan Wetan pada Rabu (24/11/21).

Program sedekah sampah tersebut dilatar belakangi karena banyaknya sampah rumah tangga yang terbuang dengan sia-sia dan tidak memiliki daya guna.

Fitri Nurul Isnaeni, selaku Kepala KB Tunas Bangsa mengatakan, program sedekah sampah ini bertujuan membangun kesadaran tentang pengelolaan sampah yang bisa dilakukan secara sederhana dan berpotensi sebagai amal ibadah.

"Selain untuk edukasi ke peserta didik dan orang tua peserta didik, program ini juga sebagai bentuk kemandirian lembaga untuk menyediakan alat pembelajaran," lanjutnya.

Sampah-sampah yang telah disedekahkan akan diolah dan dikreasikan sebagai sarana pembelajaran KB Tunas Bangsa. Fitri menambahkan bahwa dalam pembelajaran dalam kelompok bermain sangat memerlukan alat peraga, sehingga sedekah sampah tersebut dirasa bisa mendukung pembelajaran.

Program inovasi ini juga masuk ke dalam kelompok kerja Bunda Paud yang berfungsi untuk membantu perkembangan anak usia dini.

Nurul Kholifah selaku Bunda PAUD Desa, mengatakan, program ini sebenarnya sudah lama ada namun belum ada wadahnya. "Menurut saya pribadi ini inovasi yang luar biasa, apa yang sudah dilakukan lama itu kita buat wadahnya sekarang karena kebetulan ada program bunda paud dari pusat sehingga disinergikan," ungkapnya.

Kepala Desa Prunggahan Wetan, Hari Winarko berharap besar program inovasi tersebut bisa terus berjalan dan mengajak warga masyarakat untuk menshodaqohkan barang-barang bekas yang tidak terpakai kepada KB Tunas Bangsa. "Semoga program ini tidak hanya sesaat tapi terus dijalankan, paling tidak karena kita sebagai pencetus awal untuk program sedekah sampah ini, sebuah terobosan inovasi dari PAUD," ujarnya.

Ketua Komite KB Tunas Bangsa, Didik Sutrisno juga menambahkan program sedekah sampah bisa bermanfaat bagi semuanya. "Dengan adanya program ini bisa menumbuhkan rasa peduli terhadap lingkungan, bisa dipilih dan dipilah agar bisa dimanfaatkan kembali," paparnya.

Sedekah sampah ini ditunjukkan bagi masyarakat umum, tidak hanya wali murid dari KB Tunas Bangsa. Sehingga apabila terdapat barang-barang bekas bisa menghubungi KB Tunas Bangsa untuk menyedekahkan barang-barang tersebut. [din/col]

 

 

Tag : Peluncuran, sedekah, sampah



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more