Keunikan Gua Suci Tuban yang Dibuat Sejak 1026

Reporter : Fahril Elly

blokTuban.com - Kabupaten Tuban merupakan kota yang dikenal dengan sebutan kota seribu gua. Bukan hanya gua yang sudah tersohor, terdapat juga gua yang belum diketahui khalayak umum. Salah satunya adalah Gua Suci.

Gua yang terletak di Kecamatan Palang, tepatnya berada di Dusun Suci Desa Wangon memiliki keindahan tersendiri. Pasalnya, gua buatan pada masa kerajaan Majapahit itu, di salah satu dindingnya terdapat pahatan yang menggunakan angka Jawa kuno tahun pembuatan 1026. 

Dinding dari Gua Suci ini memiliki keunikan yakni berwarna coklat pastel dan terdapat pahatan-pahatan kuno. Gua peninggalan Majapahit ini memiliki kedalaman kurang lebih 14 meter dan atapnya berbentuk kerucut dengan lubang di bagian tengah. Lubang itulah matahari dapat masuk sehingga cahayanya kerap disebut cahaya dari surga atau Ray of Light, 

Sementara itu, warga sekitar, Heru (33) mengatakan bahwa konon dulunya di jaman Majapahit, warga saat itu mengambil batu kumbung dari lokasi untuk bahan baku candi.

Untuk datang ke tempat tersebut, bisa dari arah Tuban dan Lamongan Utara, dan juga bisa mendapatkan rute ke guaa dengan melihat di Google Maps. 

Sebelum masuk ke gua tersebut dibutuhkan kehati-hatian karena harus melewati jalan yang berbatu menurun dan kebun jagung milik warga. Cukup disayangkan guaa itu belum dikelola secaraa profesional, sehingga tidak ada akses jalan khusus untuk ke Gua Suci ini. 

"Memang patut disayangkan gua ini kurang diperhatikan, tapi sebenarnya ada juru kunci Gua Suci tersebut namun memang tidak setiap hari beliau datang ke situ," tutup Heru (33) kepada blokTuban.com, Selasa (19/4/2022). (Fhel/Ali]