Komik Cerita Sopo Jarwo Jadi Idola Anak di Perpustakaan Umum Kecamatan Palang

Reporter : Fahril Elly 

blokTuban.com - Perpustakaan Umum di Kecamatan Palang letaknya di jalan raya gresik no 10, desa Gesikharjo, Palang. Perpustakaan tersebut menjadi yang kedua dibangun oleh Disperpan Tuban pada tahun 2017 yang bertujuan untuk mewujudkan masyarakat yang cerdas, kreatif, dan inovatif dapat tercapai.

Di tengah hingar bingar Gadget pada saat ini, masyarakat dengan mudah dapat mengakses buku digital dari handphone masing-masing. Namun, hal tersebut tidak menjadi alasan bagi masyarakat kecamatan palang untuk tetap berkunjung di perpustakaan umum di tepi Jalur Dandeles itu. 

Penjaga perpustakaan, Dwi Wulan Rahmawati menyampaikan, masyarakat Kecamatan Palang masih antusias untuk mengunjungi perpustakaannya. Mulai dari anak-anak hingga ibu-ibu menyempatkan waktu untuk membaca buku untuk menambah pengetahuannya. 

“Ada yang ke sini itu ibu-ibu untuk mencari resep masakan, lalu anak-anak ke sini untuk membaca komik, ada juga mahasiswa dan pelajar,” ujar Dwi kepada blokTuban.com, Sabtu (16/4/2022).

Perempuan yang tinggal di Desa Gersikharjo, Palang ini menambahkan bahwa perpustakaannya memiliki koleksi buku kurang lebih sebanyak 3.000 judul buku dan 2.024 anggota perpustakaan yang sudah terdaftar.

Syarat peminjaman buku pun mudah sekali, bisa menggunakan KTP asli Tuban atau yang belum memiliki KTP bisa menggunakan Kartu Keluarga (KK).

Di ruang baca perpustakaan tersebut, nampak beberapa anak-anak sangat antusias untuk membaca komik cerita yang berjudul Sopo-Jarwo. Meskipun masih terbata-bata dalam membaca, namun tidak mengurung niat mereka untuk membacanya. [Fhel/Ali]