Harga Ikan Segar di Tuban Naik Lima Sampai Sepuluh Ribu per Kilonya

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Harga sejumlah ikan segar di Kabupaten Tuban merangkak naik atau meroket pada bulan Ramadan 1443 H. Kenaikan harga tersebut, salah satunya terjadi di Pasar Ikan Desa Kradenan, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban.

Salah seorang pedagang ikan di pasar ikan, Ratna mengatakan jika saat ini hampir seluruh jenis ikan mengalami kenaikan harga, kisaran Rp5 hingga Rp10 ribu rupiah per kilogramnya. Diantaranya seperti Jenis ikan kerapu, ikan putihan, ikan mayung, ikan kakap putih, cumi, dan juga udang. 

“Naik semuanya, rata-rata naiknya Rp5 ribu sampai Rp3 ribu, cumi ini yang paling drastis naiknya dulunya Rp50 ribu sekarang jualnya Rp60 ribu satu kilonya,” ungkap Ratna kepada blokTuban.com, Selasa (19/4/2022).

Selain itu, sebelumnya harga ikan cumi Rp55 ribu saat ini naik menjadi Rp60 ribu. Sedangkan untuk ikan trumpah yang awalnya dengan harga Rp30 ribu, sekarang menjadi Rp35 ribu. 

Kendati saat ini harga komoditas ikan terbilang mahal, akan tetapi perempuan asal Desa Kradenan ini mengaku jika hal tersebut tidak berpengaruh terhadap minat pembeli pada ikan-ikan segar yang dijualnya setiap hari. 

Menurutnya, hal itu terjadi lantaran ikan salah satu kebutuhan yang banyak digemari oleh masyarakat, terlebih sebagai santapan untuk berbuka puasa bersama keluarga. 

“Nggak pengaruh sama pembeli, karena ikan ini kebutuhan juga apalagi puasa pasti banyak yang cari untuk buka puasa,” katanya. 

Sementara itu, Kasrun salah satu pembeli ikan asal Kecamatan Semanding mengungkapkan bahwa ia selalu berlangganan membeli sejumlah ikan yang ada di pasar ikan Desa Kradenan ini. Sebab, menurutnya kondisi semua ikan yang dijual masih dalam keadaan segar. 

“Memang sering beli di sini kalau pas lewat atau main di Palang, karena kualitas ikannya kan lebih segar juga,” terangnya. [Sav/Ali]