Berkah Ramadan, Penjual di Pasar Ikan Kradenan Dibanjiri Pembeli

Reporter: Khoirul Huda

 

blokTuban.com - Bulan Suci Ramadan membawa berkah tersendiri bagi para penjual ikan laut yang berada di Pasar Ikan Desa Kradenan, Kecamatan Palang, Kabuten Tuban, Sabtu (2/5/2020).

 

Pasalnya, meski di tengah pandemi Covid-19 pembeli ikan laut di pasar ikan di jalur Pantura Tuban-Gresik tersebut selama Ramadan meningkat. Hal itu didukung dengan harga ikan yang masih stabil.

 

"Alhamdulillah di bulan ramadan ini pembeli ikan ramai, virus Corona juga tidak begitu berpengaruh," terang salah satu penjual ikan, Nurul (40).

 

Perempuan ini menambahkan, meski jumlah pembeli di bulan ramadan meningkat hingga 40 persen, harga ikan laut sebagian besar juga masih stabil. Ada beberapa jenis ikan yang hargannya justru turun karena pengaruh Covid-19.

 

"Harga ikan sebagian besar stabil, tapi ada beberapa yang harganya turun karena dampak dari virus Corona," imbuhnya.

 

Harga ikan yang masih stabil di antarannya ikan kerapu hargannya antara Rp 20 ribu-Rp 25 ribu perkilogram. Ikan tongkol Rp 25 ribu perkilogram, tengiri Rp 30 ribu- Rp 55 ribu perkilogram. Sedang ikan togek Rp 17 ribu-Rp 19 ribu perkilogram.

 

"Untuk harga cumi turun. Sebelumnya Rp70 ribu, kini menjadi Rp 50 ribu perkilogram. Rajungan besar dari Rp 70 ribu sekarang Rp 45 ribu perkilogram," jelas Nurul.

 

Sementara itu, salah satu pembeli Rokim mengaku, membeli ikan laut ini untuk diolah di rumah. Karena, kebetulan melintas Jalan Tuban-Gresik sehingga mampir dulu dan memilih-milih ikan.

 

"Kebetulan saya tadi melintas, lalu mampir dan membeli ikan untuk lauk buka puasa nanti," katanya.[hud/ono]