Ladies dan Mom Jangan Bingung, Ini Tips Mengolah Telur Ikan Segar di Rumah

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Ladies dan mom tidak usah kebingungan ketika hendak mengolah telur ikan segar di rumah. Ada beberapa tips dan saran yang bagus untuk dicoba, untuk menghasilkan hidangan yang aman dan sehat untuk keluarga. 

Telur ikan sangat baik untuk kesehatan karena kaya akan protein dan lemak. Khususnya untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Mengutip fimela, Ini dia tips mengolah telur ikan segar yang bisa dipraktekkan di rumah. Pertama, mencuci telur ikan karena teksturnya sangatlah rapuh.

Oleh karena itu, saat mencucinya haruslah perlahan-lahan di dalam wadah berisi air bersih. Tak perlu ditekan-tekan, dicuci dengan air yang tekanannya kencang atau digosok-gosok karena sebetulnya telur ikan tidak terlalu kotor kok.

Kedua, menghilangkan bau amis caranya cukup dilumuri dengan air jeruk nipis dan garam. Diamkan sekitar 10 menit, baru diolah. Tips ketiga, menghindari hancurnya telur ikan ada caranya ladies dan mom. Setelah direndam, kukus atau rebus terlebih dahulu telur ikan agar tidak hancur saat diolah. Kukus atau rebus selama 10 menit saja. Setelah itu bisa diolah menjadi berbagai masakan.

Selain itu, ada juga tips mengolah telur ikan yang dibagikan oleh Owner Nabsfood Tuban, Mustika Ratnaningsih. Mustika mengatakan, ada beberapa jenis telur ikan yang harus dihindari untuk dikonsumsi karena mengandung racun. 

"Kalau seperti telur cuni, telur manyung, telur ikan trumpah, gitu itu masih aman. Telur ikan biasanya dimasak pepes atau di sambel goreng," jelas Mustika kepada reporter blokTuban.com, Senin (14/3/2022). 

Mustika menambahkan, khusus telur Ikan Buntal atau Pari/Pe otomatis dihindarinya karena beracun. Ketika membeli di pasar, sebagai pembeli harus lebih telitik karena ada oknum pedagang yang asal menyampur telur ikan apa yang dijual. 

"Terutama jangan gampang tergiur stok melimpah. Logikanya kalau stok telur ikan melimpah ya itu tadi, tidak jelas asalnya dari ikan apa aja. Itu dia beberapa tips mengolah telur ikan yang bisa kamu coba. Selamat memasak." tutupnya. [Ali]