Tekan Laju Omicron, Tiga Pilar Kecamatan Grabagan Lakukan Vaksinasi On The Spot

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Dalam rangka penegakan disiplin Protokol Kesehatan (Prokes) aparat gabungan dari TNI - POLRI dan Sat Pol PP Kecamatan Grabagan Menggelar Operasi Yustisi dengan Vaksin On The Spot di Jalan Raya depan Makoramil 0811/20 Grabagan, Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban, Senin (21/2/2022).

Dalam kegiatan itu, masyarakat yang melintas diarahkan oleh petugas untuk masuk ke dalam Makoramil Grabagan, dimana sudah disiapkan petugas pemeriksa serta vaksinator.

Setelah dilakukan pemeriksaan, masyarakat yang bisa menunjukkan bukti vaksin dosis dua dipersilahkan untuk melanjutkan perjalanan.

Sedangkan, masyarakat yang tidak bisa menunjukkan bukti bahwa sudah melakukan vaksin dosis dua langsung dilakukan vaksin ditempat oleh Tenaga Kesehatan (Nakes) dari Puskesmas Grabagan usai melaksanakan tahapan screening.

Komandan Komando Rayon Militer 0811/20 Grabagan, Kapten Inf Hasan Bisri, saat pimpin kegiatan mengatakan, kegiatan tersebut akan terus dilaksanakan dengan sasaran masyarakat yang belum mengikuti vaksinasi dari pemerintah.

“Sama seperti yang kita laksanakan kemarin, kita menjaring masyarakat pengguna jalan selanjutnya kita periksa, kalau belum melaksanakan vaksin dosis dua langsung kita vaksin di tempat,” ucap Danramil.

Dia menambahkan, selain vaksin dosis dua jenis Sinovac, pada kegiatan ini juga disediakan vaksin jenis Astrazeneca bagi masyarakat. Adapun total keseluruhan yang terjaring Ops Yustisi ini ada 81 orang yang di vaksin di tempat.

“Kami himbau kepada masyarakat yang belum vaksin baik dosis satu maupun dua agar segera vaksin untuk meminimalisir terpapar varian Omicron,” imbuhnya.

Lebih lanjut, kegiatan operasi yustisi ini terus dilakukan demi meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menerapkan prokes guna menekan penyebaran covid-19 khususnya di wilayah Kecamatan Grabagan.

“Masyarakat harus terus di ingatkan karena penyebaran virus corona ini belum selesai. Jadi, masyarakat harus terus diajak untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan terutama menggunakan masker saat melakukan aktivitas di luar rumah juga termasuk rajin cuci tangan, jaga jarak dan hindari kerumunan, pungkas Kapten Inf Hasan Bisri.[hud/sas]