Wahyuni Hidayati Terpilih Sebagai Ketua Fatayat NU Tuban

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Pimpinan Cabang Fatayat Nahdlatul Ulama (PC Fatayat NU) Kabupaten Tuban melaksanakan Konferensi Cabang (Konfercab) di Pondok Pesantren Futuhiyah Desa Sugiharjo, Kecamatan/Kabupaten Tuban.

Konfercab Fatayat NU dengan agenda Pemilihan Ketua blBaru periode 2021-2026 tersebut berlangsung selama dua hari, mulai Sabtu-Minggu (4-5/9/2021) dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) ketat.

Hasil dari Konfercab itu, Wahyuni Hidayati terpilih sebagai Ketua PC Fatayat NU Tuban periode 2021-2026. Dia memperoleh sebanyak 293 suara mengungguli kandidat lain yakni Nurul Jannah yang hanya memperoleh 46 suara dari total semuanya 340 suara, sedangkan 1 suara tidak sah.

Pada kesempatan itu, Ketua terpilih Wahyuni Hidayati mengatakan, sebenarnya dia belum siap menjadi Ketua Fatayat NU Kabupaten Tuban. Namun, sebagai kader dia harus selalu siap untuk melaksanakan tugas dalam organisasi.

"Sebenarnya saya tidak siap tapi sebagai kader harus siap melaksanakan tugas. Mohon dukungan dan saran dari para senior serta dari seluruh kepengurusan PAC," kata Wahyuni Hidayati.

Lebih lanjut, dia menjelaskan perjalanan organisasi harus berkesinambungan. Maka dari itu sebagai pemegang estafet kepemimpinan selanjutnya perlu arahan dari yang lebih berpengalaman dalam beroganisasi. 

"Saya harap seluruh pengurus ranting juga ikut mendukung kepengurusan periode yang baru nanti, agar bisa mengemban amanah dengan baik dan sukses," imbuhnya.

Sementara itu, Umi Kulsum, Ketua Fatayat periode sebelumnya menjelaskan Fatayat NU adalah salah satu organisasi perempuan bagian dari organisasi islam terbesar di Indonesia yaitu NU, dan menjadikan NU sebagai induk organisasi. 

"Konfercab itu sendiri digelar lima tahun sekali, tujuannya untuk regenerasi kepemimpinan yang baru," ujarnya Umi Kulsum.

Dengan usia anggota yang masih muda dan produktif, Umi menambahkan membuat Fatayat NU memiliki peran strategis dalam pembangunan daerah, khususnya dalam hal pemberdayaan masyarakat.

Dia juga menyampaikan, meski di tengah pandemi Covid-19 yang menimbulkan berbagai kesulitan dan kegiatan yang serba terbatas Fatayat NU tetap bertahan dengan melakukan komunikasi yang baik dan menjaga soliditas.

Diharapkan Fatayat NU juga mampu bersandingan dengan organisasi pemuda lainnya di Kabupaten Tuban untuk bersinergi membantu pemerintah Kabupaten Tuban.

Sebatas diketahui, Konferensi Konfercab ke-14 PC Fatayat NU Kabupaten Tuban digelar dengan mengusung tema "Penguatan Fatayat NU Tuban Menuju Perempuan yang Mandiri dan Berdaya Saing". 

Dalam pembukaan dihari pertama, dihadiri oleh jajaran pengurus NU, dinas terkait dan perwakilan dari PW. Fatayat NU Jatim. Selain itu, kegiatan ini juga sekaligus launching IKAFA (Ikatan Alumni Fatayat) dengan ketua terpilih Umi Kulsum.[hud/col]