Andil Pesantren Dalam Mempercepat Vaksinasi

Editor: Edy Purnomo

blokTuban.com -  Presiden Joko Widodo memerintahkan jajarannya untuk terus mempercepat vaksinasi Covid-19 bagi pelajar dan santri. Hal ini menyusul rencana pembelajaran tatap muka (PTM) yang akan dimulai dalam waktu dekat atau September mendatang.

Menindaklanjuti intruksi tersebut, vaksinasi besar-besaran langsung digelar di Kabupaten Tuban. Sejak tanggal 1 dan 2 September 2021, sebanyak 7.750 dosis vaksin disuntikkan ke pelajar dan santri.

Gebrakan serbuan vaksinasi tersebut dilakukan oleh Kodim 0811 Tuban dengan sasaran 57 Pondok Pesantren di Kabupaten Tuban, yang mana penyelenggaraan Vaksinasi bantuan dari Panglima TNI melalui Kodam V Brawijaya serta dilakukan oleh satuan jajarannya, Kamis (2/9/2021).

Baca Selengkapnya: Vaksinasi Besar-besaran Sasar 57 Pesantren Tuban

Seratusan santri Pondok Pesantren Ash Shomadiyah Kabupaten Tuban semangat mengikuti program vaksinasi Covid-19 jenis Sinovac oleh Kodim 0811Tuban pada Kamis (2/9/2021) pagi. Para santriwan maupun santriwati mengantre dengan tertib di halaman gedung workshop computer Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Yayasan Ash Shomadiyah.

Vaksin yang dimulai sekitar pukul 07.30 Wib itu, ditangani oleh tenaga kesehatan Puskesmas Kebonsari, Kecamatan Tuban dan dibantu oleh TNI. Petugas Polri juga ikut serta menghimbau santri untuk tetap disiplin protokol kesehatan 3M, yaitu memakai masker dengan benar, mencuci tangan dengan air dan sabun, serta jaga jarak aman.

Dalam pelaksanaan vaksin di pesantren, berlangsung cukup cepat karena proses pendataan dan pengukuran tensi dan suhu peserta dibantu oleh TNI yang terlatih. Skema ini diberlakukan untuk memperpendek waktu vaksinasi di Kabupaten Tuban.

Baca Selengkapnya: Bentuk Kekebalan Kelompok, Santri Ash-Shomadiyah Disuntik Vaksin