Tanaman Jagung Diserang Hama Tikus, Petani Montong Merugi

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Para petani yang berada di wilayah Desa Pucangan dan Desa Pakel, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban tahun ini harus menelan pil pahit.

Pasalnya, puluhan hektar tanaman jagung milik mereka yang sudah berusia sekitar 75 hari nyaris habis diserang hama tikus. Bahkan, akibat serangan hama tikus tersebut dapat dipastikan para petani mengalami gagal panen.

Salah satu petani, asal Desa Pakel, Bambang (40) mengaku, bibit jagung yang dia tanam sebanyak 5 kilogram. Namun, saat ini hampir separuh tanaman jagungnya diserang hama tikus.

"Milik saya bibitnya 5 kilogram, dan hampir separuhnya diserang hama tikus," terang Bambang kepada blokTuban.com, Senin (16/8/2021).

Bambang menambahkan, akibat serangan hama tikus tersebut dia mengaku merugi hingga jutaan rupiah, terhitung mulai membeli bibit hingga perawatan sampai saat ini.

Untuk selanjutnya tanaman jagung yang sudah dimakan tikus, kemudian diambil guna untuk dibuat pakan ternak. "Untuk sisa yang dimakan tikus kita berikan kepada hewan ternak," jelasnya.

Sementara itu, pantauan blokTuban.com, selain milik Bambang yang diserang hama tikus, milik puluhan petani lainya di Desa Pucangan dan Pakel juga diserang hama tikus.[hud/sas]