Tiga Menit Hentikan Aktifitas di Jam 10.17 WIB

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein mengaharapkan masyarakat untuk menghentikan kegiatan pada jam 10.17 Wib selama 3 menit, untuk menghormati dan mengheningkan cipta mengenang peristiwa detik-detik proklamasi, Senin (17/8/2020).

Pesan tersebut disampaikan Wabup dua periode di malam Tirakatan dan doa bersama HUT Ke-75 Kemerdekaan RI Pemkab Tuban, Minggu (16/08) malam.

Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun ini memang terasa sangat berbeda. Segala kemeriahan yang biasanya mengisi hari kemerdekaan, terpaksa harus dilaksanakan dengan lebih sederhana karena dalam pandemi Covid-19.

"Adanya Pandemi saat ini mengharuskan kita untuk melaksanakan kegiatan dengan protokol kesehatan yang ketat dan meminimalisir jumlah peserta kegiatan, termasuk dalam kegiatan malam ini," terang politisi asal Kecamatan Rengel.

Dalam kondisi saat ini, sangatlah tepat bagi seluruh komponen masyarakat Indonesia terkhusus di Kabupaten Tuban untuk bersatu dan berdoa agar Indonesia merdeka dari corona.

"Alhamdulillah, Kabar baik datang dari Satgas Covid-19  tentang obat dari Unair yang sudah tinggal menuju izin edar dari BPOM, serta vaksin dari Sinovac yang memasuki uji tahap 3 saat ini, semoga ikhtiar ini bisa berhasil," imbuhnya.

Wabup juga menyinggung tentang perubahan Indonesia dari masa ke masa yang menunjukkan peningkatan  luar biasa, seperti yang tergambar dari video 'Indonesia Lini Masa - Kehidupan Sosial masyarakat' yang diputar pada kegiatan yang dilaksanakan di pendopo Kridho Manunggal Tuban malam ini.

Tidak lupa Wabup mengucapkan terima kasih kepada para pejuang, para veteran yang telah telah berjuang dengan jiwa raga demi kemerdekaan Indonesia.

"Saat ini giliran kita bersama mengisi kemerdekaan dengan prestasi," serunya.


Sementara itu, Letkol inf. (purn) H. Ibung Sukardjo yang mewakili veteran pejuang mengajak semua masyarakat terutama pemuda, untuk mengingat akan perjuangan para pendiri bangsa.

"Bangsa ini dibangun dari tetes darah para pejuang, jangan sia-siakan, isi dengan sesuatu yang berguna, dan prestasi yang membanggakan," sambungnya.

Selepas malam tirakatan dan doa bersama, dilanjut renungan suci di TMP Ronggolawe Tuban, yang merupakan pembuka rangkaian kegiatan HUT Ke-75 Kemerdekaan RI. 

Pada tanggal 17 Agustus 2020 akan dilaksanakan Upacara Detik-detik Proklamasi secara Virtual dari Istana Negara Jakarta dengan Inspektur Upacara, Presiden RI. Ir. H. Joko Widodo. Kepada Masyarakat diharapkan mengikuti jalannya upacara melalui Televisi atau media lainnya. [ali/ono]