Pencairan Dipermudah, DD Tuban Cair 60 Persen

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Proses Pencaiaran Dana Desa (DD) tahun 2018 dipermudah. Langkah ini diambil pemerintah agar DD benar-benar memberikan dampak positif percepatan pembangunan kawasan perdesaan.

Jika sebelumnya pencairan DD baru bisa dilakukan sekitar bulan Maret. Namun tahun ini kepala desa bisa mulai mencairkan sejak  Januari. Selain itu persyaratan juga lebih mudah, yakni laporan pertanggungjawaban penggunannya lebih simpel.

Dilansir dari media resmi Kementerian Desa Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi Republik Indonesia (Kemendes PDTT RI) Tahun ini, DD disalurkan melalui tiga tahap yakni Januari, Maret dan Juli.

Dana transfer dari pusat itu akan dicairkan secara bertahap di mana bulan Januari sebanyak 20 persen, Maret sebanyak 40 persen dan Juli sebanyak 40 persen.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan KB (DPMD dan KB) Tuban, Mahmudi ketika dikonfirmasi blokTuban.com terkait pencarian DD di Bumi Wali mencapai 60 persen mengatakan "semua desa sudah mencairkan hingga tahap kedua, dengan total capaian 60 persen," bebernya kepada wartawan media ini.

Diwawancarai terpisah, Kepala Desa Socorejo, Arief Rahman Hakim berpendapat, pihaknya menyambut positif adanya pencarian DD lebih awal. Sebab dengan begitu, pembangunan di desanya juga lebih cepat dilakukan.

"Dengan pencairan DD lebih awal, pembangunan serta kegiatan pemberdayaan di desa bisa berjalan lebih awal pula," sergahnya. [rof/rom]