Waspada Penculikan, Orang Tua Diminta Tingkatkan Pengawasan

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Saat ini, isu penculikan anak sedang berkembang pesat beredar di masyarakat. Melalui media-media sosial, isu tersebut menyebar begitu cepat dan membuat keresahan para orang tua.

Menyikapi hal itu, Kepala Unit Pembinaan Ketertiban Masyarakat (Kanitbintibmas) Satbinmas Kepolisian Resor (Polres) Tuban, AIPTU Arni Sutiyono menyebut, kasus penculikan pada anak di Tuban hingga saat ini belum ditemukan. Namun tidak menutup kemungkinan kasus tersebut suatu saat akan terjadi di Bumi Wali, sebutan kota Tuban.

Untuk itu, ketika dikonfirmasi blokTuban.com, pihaknya berharap orang tua untuk meningkatkan kewaspadaan dan pengawasan terhadap putra-putrinya. Tujuannya untuk mempersempit gerak oknum yang memiliki niat jahat yang bisa mengganggu keamanan, ketentraman, dan ketertiban masyarakat itu.

"Kasus penculikan di Tuban tidak ada, namun para orang tua diharapkan tetap waspada," katanya, ketika usai memberi penyuluhan dan bimbingan masyarakat di Bangilan, Rabu (22/3/2017).

Ditambahkan dia, selain kasus penculikan, diharapkan orang tua juga selalu mengontrol putra-putrinya agar jangan sampai terjebak pengaruh obat terlarang atau narkoba. Sebab, kata dia, saat ini peredarannya di wilayah kota semakin ketat diawasi dan imbasnya bisa terjadi menyasar ke pelosok desa.

Pihaknya menjelaskan, para oknum pengedar maupun bandar untuk bisa mendapatkan korban biasanya diawali dengan cara mempengaruhi generasi muda dengan penawaran secara gratis. Setelah berulang kali mencoba dan ketagihan, baru mereka akan minta untuk membayar.

"Kalau sudah sering konsumsi, pasti akan ketagihan dan apapun akan dilakukan untuk bisa mendapat barang haram itu," tandasnya.

Selain itu, yang harus jadi perhatian khusus bagi orang tua yaitu pelecehan seksual terhadap anak. Sebab, di mana saja dan kapan saja ancaman untuk anak perempuan lebih tinggi. Untuk itu orang tua diharap bisa memberi pemahaman kepada anak agar bisa terhindar dari pelecehan dan kekerasan yang mengancam dirinya.

"Harapannya, masyarakat Tuban bisa ikut berpartisipasi membantu tugas Polri untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban," pungkasnya. [rof/rom]