Warga Kerek Lakukan Aksi Bersih Lingkungan di Ngipeng

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Muspika Kerek dan sekitar 100 warga masyarakat Kecamatan Kerek yang tediri dari Karang Taruna Temayang, Kerek News, Pecinta Alam Remaja Kerek (Paraker), Aktivis Lingkungan Kerek melakukan aksi bersih lingkungan diarea sumber mata air Ngipeng Desa Temayang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban.

Aksi bersih lingkungan yang dikemas dengan mengusung tema 'Satu Langkah Lebih Dekat dengan Lingkungan' tersebut bertujuan untuk mengembalikan sumber mata air Ngipeng yang telah lama tidak mengalir, mengalir lagi seperti dulu kala.

Dalam kegiatan tersebut, Minggu (19/3/2017) sore, ratusan peserta aksi bersih lingkungan ini menyusuri aliran air di Ngipeng hingga ratusan meter, serta sekitar dua hektar lahan area Ngipeng dibersihkan.

Sumber mata air Ngipeng ini merupakan sumber mata air yang dimanfaatkan oleh warga di beberapa desa kawasan Kecamatan Kerek. Baik dimanfaatkan untuk konsumtif, mandi, mencuci dan lahan pertanian. "Oleh sebab itu kita mengajak masyarakat untuk melestarikan hutan Ngipeng," kata Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Kerek Arifin kepada blokTuban.com.

Arifin menambahkan, selama beberapa tahun ini, sumber mata air tidak mengalir gemricik seperti ini. Namun tekat masyarakat sekitar dan para pemuda untuk mengembalikan Ngipeng seperti dahulu kala kini sumber mata air Nipeng telah mengalir deras.

Salah satu peserta Nanang Saputro dari Kerek News, mengatakan kegiatan ini merupakan langkah untuk mengembalikan sumber mata air Ngipeng seperti dulu kala, di samping itu juga mewujudkan Ngipeng yang lestari.

Nanang sapaan akrabnya mengaku ngipeng ini merupakan ikon Kecamatan Kerek, sehingga sudah selayaknya masyarakat merawat ikon tersebut, "Namun sayangnya masyarakat masih banyak yang tidak peduli terhadap lingkungan, mereka masih banyak yang membuang sampah di area Ngipeng," kata Nanang.

Ia berharap agar Pemerintah Desa (Pemdes) memberikan tindakan tegas kepada masyarakat yang membuang sampah sembarangan. Di samping itu pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) juga memperhatikan ikonsetiap wilayah, termasuk salah satu ikon di Kecamatan Kerek ini.[hud/ito]