BPN Tuban Berdayakan 100 Peternak Sapi di Plandirejo

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Badan Pertanahan Nasional (BPN) Tuban pada 2017 ini memberdayakan 100 peternak sapi di Desa Plandirejo, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban dengan melakukan kerjasama pada pihak perbankan.

Kasi Hak Tanah dan pendaftaran Tanah BPN Tuban, Lulu Riyanta mengatakan kegiatan pemberdayaan tersebut sejalan dengan program nasional. Tujuannya yakni untuk meningkatkan perekonomian berbasis masyarakat.

"Kami menjembatani peternak sapi yang target seharusnya 100 orang yang bekerja sebagai petani," kata kata Lalu kepada blokTuban.com.

Melalui BPN, lanjut lalu petani yang juga seorang peternak sapi dengan mengajukan sertifikat pada perbankan plat merah di Tuban. Dengan kerjasama yang dijalin, harapannya dapat membantu peternak dalam mengajukan pinjaman.

"Namun yang daftar program ini baru 58 bidang (sertifikat, red)," ujarnya.

Lalu menambahkan, peternak yang hendak mengajukan pinjaman bisa langsung menghubungi pihak perbankan terkait. Setiap pengajuan, peternak dapat memperoleh dana tambahan Rp 5 juta hingga Rp 10 juta.

"Dana pinjaman yang diperoleh bisa dimanfaatkan untuk membeli anak sapi yang dapat dikembangbiakkan," kata Lalu.[dwi/ito]