Sejahterakan Masyarakat, Desa Kedungjambangan Bentuk BUMDes

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Pemerintah Desa (Pemdes) Kedungjambangan, Kecamatan Bangilan membentuk Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) untuk meningkatkan potensi di wilayahnya. Kepala Desa setempat menyebut, tujuannya untuk mensejahterakan masyarakat dan meningkatkan pendapatan asli desa (PADes).

"Sesuai amanat undang-undang desa, pihak Pemdes akan memberi modal untuk dikembangkan dan keuntungannya kembali ke desa," kata Kades Kedungjambangan, Maftuh, Kamis (16/3/2017) siang.

Dijelaskan Kades, modal BUMDes tahun ini akan dialokasikan melalui dana desa (DD) sebesar Rp75 juta. Harapannya pengelola yang baru dibentuk siang ini bisa mengelola dengan baik dan terus berkembang.

"Memang sesuai arahan minimal Rp50 juta, tetapi Desa Kedungjambangan untuk pengembangan awal kita alokasikan lebih," papar Kades yang terpilih kedua kali itu.

Sementara Kepala Seksi (Kasi) Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kecamatan Bangilan, Bambang Kartiko ketika dikonfirmasi blokTuban.com menuturkan, kegiatan pembentukan pengurus BUMDes di Desa Kedungjambangan ini merupakan desa yang ke lima.

"Dari 14 desa, siang ini yang kelima," tutur mantan Kasi PMD Kecamatan Kenduruan itu.

Ia berharap dengan dibentuknya pengurus baru, masyarakat desa semakin maju dan sejahtera. Untuk itu, masing-masing desa diharapkan mampu mengangkat potensi yang ada untuk merealisasikan program Pemerintah, satu desa satu potensi yang diunggulkan.

"Setelah BUMDes resmi didirikan, harapan pemerintah, masyarakat desa bisa maju dan sejahtera," pungkasnya. [rof/col]