Pemkab Tuban Akan Menggelar Lomba Manajemen Masjid

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban menginginkan pengelolaan masjid di wilayahnya dikelola dengan baik dan sistematis. Untuk itu, dalam waktu dekat akan diadakan lomba manajemen masjid yang akan diikuti setiap kecamatan.

Kabag Kesra Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban, Sudarmaji kepada blokTuban.com menuturkan, Pemkab Tuban ingin menjadikan masjid sebagai pusat pemberdayaan dan pembinaan umat. Sebab, masjid bisa difungsikan secara komprehensif yang tidak hanya untuk ibadah salat semata.

"Dengan lomba manajemen masjid nantinya, sebuah masjid tidak hanya dinilai secara fisik saja, akan tetapi sistem pengelolaan menjadi tolak ukur kemakmuran masjid," ujar mantan Camat Plumpang itu.

Pihaknya menjelaskan, penyelenggaraan lomba manajemen masjid akan dilaksanakan mulai bulan depan. Masing-masing camat, diharapkan merekomendasikan dua masjid yang diunggulkan di wilayah kerjanya untuk dilakukan penilain.

Ditambahkan Sudarmaji, lomba manajemen masjid diharapkan bisa memotivasi para pengurus masjid untuk meningkatkan manajerial masjid secara professional. Ia menegaskan, jika sebelumnya yang dinilai hanya kebersihannya, kali ini akan ditingkatkan yaitu sistem manajemennya.

"Sesuai rencana, pemenang lomba nanti akan diumumkan bersama kegiatan rajabiyah (menyambut bulan Rajab)," tukasnya. [rof/rom]