Distribusi Rasta Dua Bulan Pertama 2017 Terlambat

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Pendistribusian beras untuk keluarga sejahtera atau rastra pada dua bulan pertama tahun 2017 mengalami keterlambatan.

Keterlambatan penyaluran rasta terjadi pada 2 bulan ini, yakni bulan Januari dan Februari. Saat dikonfirmasi, Kepala Perum Bulog Sub Divre Wilayah III Bojonegoro, Hardiman mengatakan keterlambatan tersebut dikarenakan data yang diterima dari Bulog Jawa Timur terlambat.

"Saat ini masih dalam tahap pengecekkan data. Dalam satu Minggu kemungkinan sudah kelar," kata Hardiman kepada blokTuban, Senin (13/3/2017).

Ia menjelaskan, dalam hal ini Bulog berwewenang sebagai penyalur rasta. Terkait ketersediaan data dan kesesuaian penerima rasta menjadi domain Pemerintah Kabupaten Tuban dan pihak terkait.

Sementara itu, Kabag Humas Pemkab Tuban Agus Wijaya mengatakan, saat ini masih dilakukan koordinasi terlebih  dahulu mengenai pendistribusian pertama. Rencanaya untuk bulan Maret ini baru disalurkan untuk jatah bulan Januari dan Februari.

"Sistem penerimaan rastra pada tahun ini mengalami perubahan. Nantinya, masyarakat akan menerima voucher, sehingga penerimaan secara by name by address dapat dilakukan sesuai data dan tepat sasaran,” kata Agus menambahkan.

Untuk peyaluran rastra tahun ini, lanjut Agus diharapkan bisa tepat sasaran, dan tidak ada oknum-oknum yang melakukan penyelewengan atau diberikan kepada yang tidak berhak mendapatkan.[dwi/ito]