Wabup: Masyarakat Masih Enggan Mengurus Administrasi Sendiri

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein mengungkapkan, sampai sekarang masyarakat masih enggan mengurus administrasi sendiri, apapun itu. Baik itu Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), Akta kelahiran dan beberapa dokumen administrasi identitas lainnya.

"Masih banyak yang enggan mengurus sendiri, dan lebih bergantung pada orang lain," kata Pria kelahiran asal Rengel kepada blokTuban.com (Jumat, 10/3/2017).

Menurut dia, dengan malasnya seseorang enggan mengurus kepentingan administrasi identitasnya sendiri, maka disitu akan menjadi celah atau ruang munculnya praktek korupsi oleh oknum yang akan memanfaatkannya.

Contoh, harusnya mengurus KTP atau beberapa dokumen kependudukan lainnya itu gratis, karena tidak diurus sendiri, maka keluarlah biaya dari pihak ketiga.

Meliputi biaya transportasi dan sebagainya, inilah yang menjadi ruang atau celah suburnya praktek korupsi, yang seharusnya gratis menjadi bayar.

"Masyarakat harus mulai mengurusnya sendiri, jangan bergantung pada orang lain jika tidak ingin terkena biaya lebih," pungkasnya.[nok/ito]