Wisata Kambang Putih Dinilai Belum Optimal

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Destinasi wisata Kabupaten Tuban yang dikelola pihak ketiga pada tahun pertama, Wisata Kambang Putih Tuban Park (KPTP) menyumbang Rp127 juta.

Wisata bahari yang terletak di Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu tersebut terhitung satu tahun ini dikelola PT Cahaya Ananta asal Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Capaian tersebut menjadi masukan Pemkab Tuban sebagai Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tuban.

"Saat ini perkembangan wisata KPTP tersebut masih belum maksimal," kata Kepala Dinas Pariwisata, Budaya, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Tuban, Didit Sulistiyadi.

Kedepan Disparbudpora akan mengagendakan dialog dengan pihak ketiga tersebut. Harapannya dapat memperbaiki komunikasi anatar Pemkab dengan pihak pengelola, sehingga kedepan dapat lebih optimal.

“Mungkin promosinya beliau yang kurang, nanti kami akan coba ajak dialog, dan kita rumuskan untuk membuat event atau kegiatan yang lain yang bisa menarik pengunjung,” tutur Didit.

Kurang optimalnya pengelolaan KPTP saat ini, menurut Didit disebabkan lokasi wisata yang tidak tampak dari akses jalan raya. Wisata KPTP yang berada di sisi belakang terminal baru tersebut kurang strategis. Terlebih, terminal tersebut tidak berfungsi semestinya dan hanya bangunan sepi.

"Kami hanya bisa mendorong, agar pengelola wisata itu mampu memberikan andil besar dalam menyumbang PAD melalui promosikan potensi Tuban ke luar daerah," katanya.[dwi/col]