Destinasi Gunung Purung Mulai Diperhatikan

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Gunung Purung yang berlokasi di Desa Sidomulyo, Jatirogo, Kabupaten Tuban mulai diperhatikan oleh pemerintah setempat. Pesona alam yang memikat hati tersebut akan dicanangkan sebagai destinasi wisata Bumi Wali, sebutan kota Tuban, Sabtu (28/1/2017).

Camat Jatirogo, Moh Nawawi usai meninjau lokasi beberapa waktu lalu, Kamis (25/1/2017), mengungkapkan, pemerintah kecamatan ke depan berencana akan mengoptimalkan puncak gunung Purung. Pihaknya akan terus koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban agar wacana tersebut bisa disetujui dan terealisasi.

"Setelah melihat secara langsung, puncak gunung Purung layak dijadikan destinasi wisata berbasis pedesaan," kata Camat baru tersebut.

Dijelaskan Nawawi, lahan seluas 40 hektar itu susunan tanahnya membentuk perbukitan. Ketika sudah berada di puncak, nampak hamparan lahan petani yang bisa dijadikan latar belakang hunting foto. Untuk itu, pihaknya menilai cocok untuk dijadikan pengembangan destinasi wisata alam maupun olahraga yang berbasis desa.

"Secara geografis dan luasnya, tempat tersebut bisa di jadikan bumi perkemahan dan bisa juga dibuat lapangan Golf," tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, dengan tebing cukup curam dan terletak di utara Dusun Purung, Desa Sidomulyo, Jatirogo, Tuban, Gunung Purung merupakan jelmaan gunung Rinjani, gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia. [rof/ito]

gunung-34