Pemkab Tuban Gelontorkan Rp 2 Miliar untuk Bektiharjo

Reporter: Dwi Rahayu

bkokTuban.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban berencana mengembangkan salah satu destinasi wisata andalan yakni Pemandian Bektiharjo. Untuk mengembangkan wisata alam tersebut, Pemkab melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga menggelontorkan Rp 2 miliar.

Tahun 2017 menjadi momentum perombakan wajah wisata Tuban. Sejumlah wahana tambahan tengah dipersiapkan pihak dinas beserta warga setempat, dengan harapan mampu meningkatkan perekonomian berbasis masyarakat.

Pagi ini, puluhan warga Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding melakukan kerja bakti. Menggunakan alat seadanya warga setempat membersihkan sungai di sekitar sumber air Bektiharjo, Sabtu (28/1/2017).

"Kerja bakti yang dilakukan warga untuk membersihkan sungai dan mempersiapkan wahana arum jeram," kata Ketua RT 1 RW 2, Desa Bektiharjo, Suryanto.

Informasi yang diterima blokTuban.com dalam waktu dekat perbaikan dalam mewujudkan wisata unggulan, akan ditambah fasilitas pendukung. Sebab fasilitas yang mendukung akan berimbas pula pada tingkat kunjungan.

"Mulai dari alat, operator, desain dan warung bisa kami kelola sendiri untuk penambahan aset. Akan ditambah pula wahana tempat mancing dan outbond," ujarnya penuh harap.

Sementara itu, tanggapan positif datang dari Kepala Bagian Pariwisata, Suwanto yang datang ke lokasi.

"Nanti dalam rencana kami wisata bhekti akan ada pemugaran besar besaran. Termasuk penataan parkir bus. Dan para pedagang dialihkan kedalam semua," terangnya.

Pemkab dalam pengembanga wisata daerah, berharal dapat memaksimalkan pendapatan daerah. Serta kedepan dengan wisata alam yang cukup potensial dapat menghidupkan perekonomian warga sekitar.

"Soal penambahan wahana arung jeram, nanti akan dirembug barengdalam waktu dekat. Nanti bisa jadi terintegrasi dengan pemandian. Yang penting wahana dan persiapanya jadi dulu," pungkasnya.[dwi/ito]