Forpimda dan Pemangku Makam se-Tanah Jawa Nyekar

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Jajaran Forpimda Tuban bersama pemangku makam se tanah Jawa, tokoh masyarakat dan alim ulama berjalan kaki dari Pendopo Kridho Manunggal menuju makam Sunan Bonang. Mereka diiringi musik hadrah menuju ke Makam Sunan Bonang untuk menggelar Yasin dan Tahli Kubro.

Sebelum yasin dan tahlil digelar, terlebih dulu Bupati bersama rombongan nyekar masuk ke dalam cungkup, tepat di depan pusara Sunan Bonang.

Sebelumnya, dikatakan Sekretaris Panitia, Zakaria Ircham tahlil kubro diawali dengan iring-iringan Forpimda Kabupaten Tuban bersama pemangku makam se-Tanah Jawa dengan diiringi musik hadrah dari pendopo.

"Sebelum tahlil nyekar dulu untuk tawashulan," ujar panitia kepada BlokTuban. com, Kamis (20/10/2016).

Kemudian, setelah nyekar rombongan tersebut didampingi para habaib, ulama dan ribuan jamaah yang hadir dari penjuru nusantara, untuk melakukan membaca surat yasin dan tahlil bersama.

Dari pantauan blokTuban.com, tepat pukul 10.00 WIB, ribuan orang sudah memasuki kompleks makam untuk mengikuti tahlil kubro. Dalam rangka haul Sunan Bonang Tuban di kompleks makam Sunan Bonan Kelurahan Kutorejo Tuban tampak sesak.[rof/ito]