Cari Berkah 64 Anak Ikuti Khitanan Massal

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Puluhan anak dari beberapa kecamatan di Kabupaten Tuban ikuti khitanan massal dalam rangka Haul Sunan Bonang ke 507. Acara yang digelar di halaman masjid Astana Maqom Sunan Bonang cukup meriah, Kamis (20/10/2016).

Panitia khitanan massal, Abdul Muhid (66) mengatakan, pendaftar khitanan tahun ini sebanyak 73 anak. Namun, kehadiran hanya 64 peserta.

"Ada sembilan yang tidak hadir," ujar Muhid kepada blokTuban.com, Kamis (20/10/2016).

Menurut, pria yang sudah menjadi panitia sejak tahun 1986 itu mengungkapkan, tujuan dari kegiatan ini adalah mencari berkah. Untuk melaksanakan kegiatan ini lanjut dia, melibatkan petugas khitan profesional dari calak dan pihak medis.

"Petugas khitan tahun ini dari Calak Plumpang, petugas medis RSUD Dr. Koesma Tuban dan Rumah sakit NU Tuban," papar Muhid.

Di kesempatan sama, orang tua peserta khitanan massal, Masruchin (50) kepada blokTuban.com mengungkapkan, ia merasa senang anaknya mau ikut khitanan massal yang digelar Yayasan Mabarrat Sunan Bonang dalam kegiatan haul kali ini.

"Ini keinginan anak saya sendiri," ucap Masruchin.

Lantaran ada teman dekatnya yang ikut, kata dia, Adzikri Zulkarnain anaknya jadi makin berani. Lanjut Masruchin, anaknya memiliki cita-cita khitan sejak masih duduk di kelas dua.

"Saat ini sudah kelas tiga anak saya dan makin tambah mantab tekatnya," tandasnya.[rof/ito]