Di Bangilan Pasar Hewan Dadakan Mulai Menjamur

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Sepekan menjelang Hari Raya Idul Adha, pasar hewan kurban dadakan bermunculan di beberapa titik di Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Salah satunya di sekitar jalan poros Kecamatan Bangilan, tepatnya di Desa Sidodadi, Rabu (7/9/2016).

Pasar dadakan di tempat itu khusus menyediakan hewan kurban kambing jantan jenis Gibas, Jawa, dan Etawa. Harganya pun sangat bervariatif mulai yang terendah Rp.1.200.000 hingga tertinggi Rp4.250.000.

"Harga tergantung kualitas kambingnya," ujar Ngatmin (54), pekerja di salah satu pasar hewan kurban dadakan, Rabu (7/9/2016).

Menurut Ngatmin, tahun 2016 ini ia menjual sekitar 72 kambing siap kurban milik bosnya. Sudah tiga tahun ini bosnya menjalankan pasar dadakan hewan kurban menjelang Hari Raya Idul Adha.

"Baru buka kemarin, sudah laku dua ekor," ujarnya.

Masih kata Ngatmin, berbagai cara ia lakukan untuk bisa menarik pengunjung salah satunya, dengan sistem panjer atau DP, jika sudah dekat dengan hari raya pembeli baru mengambil hewan kurban yang dipesannya. Secara kerja sama dengan beberapa polangan atau penjual hewan, pasar dadakan ini bisa berdiri.

"Dengan cara ini cukup bisa mendongkrak penjualan hewan kurban, karena para peminat hewan kurban langsung bisa melihat ketika lewat," tuturnya.

Sementara itu, Eko (35) penjual hewan kurban asal desa Kedungharjo, Bangilan Kepada blokTuban.com mengatakan, untuk tahun ini ia menjual kambing kurban cukup dikandang penggemukan miliknya dan di pasar hewan saja.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, pedagang hewan di pasar hewan Bangilan itu, tidak tertarik membuat pasar dadakan di pinggir jalan, lantaran di rumah sudah cukup.

"Kita manfaatkan relasi, jadi tanpa buat pasar dadakan di jalan, hewan kurban saya sudah laku," kata Eko saat ditemui di Pasar Bangilan. [rof/col]