Jual Beli Kambing Kurban di Pasar Ternak Masih Sepi

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Penjualan kambing di pasar ternak untuk kepentingan kurban di hari Raya Idul Adha tahun ini masih belum bergeliat seperti biasanya. Padahal, Idul Adha tahun ini kurang dari 10 hari lagi, yakni pada 12 September 2016.

Sahid (39), salah satu pedagang kambing merasakan lesunya pasar jelang Idul Adha. Tahun-tahun sebelumnya, transaksi dan jual beli kambing jantan sudah bisa dirasakan sejak sebulan sebelum Idul Adha.

"Tahun ini tinggal 9 hari, tapi rasanya masih sama dengan hari biasa," kata pria dua anak ini di Pasar Kambing, Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Sabtu (3/9/2016).

Harga kambing jantan siap kurban, sekarang berkisar antara Rp2.000.000 sampai Rp3.200.000 perekor. Itu artinya hanya terpaut sekitar Rp100 ribu dari harga di hari-hari biasa.

"Kalau dulu (momen Idul Adha), untuk satu kambing jantan dengan usia dan besar yang sama harga bisa mencapai Rp3,5 juta sampai Rp3,7 juta," jelas Sahid.

Harga kambing sangat dipengaruhi dengan permintaan pasar. Kalau jual beli lesu, maka penjualan ternak tersebut juga sulit terdongkrak.

Pedagang lain, Nasdi, asal Kecamatan Semanding, juga merasakan hal sama. Transaksi atau pesanan kambing jantan juga sudah menyusut dibanding tahun sebelumnya. Kalau dulu, dia sering mendapat pesanan tidak hanya dari perorangan, tetapi juga dari instansi tertentu.

"Sekarang sudah jarang, karena orang lebih suka memesan ke peternak minimal tiga bulan sebelumnya," tandasnya. [pur/rom]