Kerek Programkan Sentra Batik Gedog Jadi Desa Wisata

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Beberapa desa yang menjadi sentra Batik Gedog di Kecamatan Kerek telah diprogramkan oleh pemerintah kecamatan setempat menjadi desa wisata. Hal itu bertujuan untuk menarik minat terhadap batik gedog dari luar daerah, sehingga akses batik gedog di Kecamatan Kerek bisa sampai keluar kecamatan atau bahkan keluar daerah.

Hal itu seperti yang diungkapkan Camat Kerek, Rohman Ubaid. Ia mengatakan, bahwa batik gedog masih menjadi produk ikon Kecamatan Kerek, sehingga kawasan yang menjadi sentra batik gedog telah di
programkan menjadi desa wisata.

"Kawasan batik gedog kita kembangkan menjadi desa wisata, sehingga dapat menunjang perekonomian warga Kecamatan Kerek, khususnya warga desa sekitar," kata Camat Kerek kepada blokTuban.com, Jumat
(5/8/2016).

Desa-desa yang termasuk rute atau kawasan sentra batik gedog tersebut yakni Desa Sumberarum yang juga merupakan desa perbatasan dan pintu utama masuk ke Kecamatan Kerek, lalu masuk Desa Margomulyo, Desa Margorejo, Desa Kedungrejo dan Desa Kasiman. Itu rute jalan yang menjadi program pemerintah Kecamatan Kerek.

Rohman menambahkan, selain produk unggulan batik gedog yang berpotensi menarik para wisatawan untuk berkunjung dan menjadikannya sebagai oleh-oleh, di sepanjang jalan tersebut juga akan ditunjang dengan produk kuliner khas.

"Selain batik gedog, kuliner dan beberapa produk kerajinan juga bisa menjadi penunjang," ungkapnya. [hud/rom]