Desa Rayung Siap Buka Pendaftaran Calon Kades

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com – Dua desa di Kecamatan Senori telah usai melakukan pendaftaran panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). Desa Rayung dan Katerban tercatat sebagai desa yang menggelar Pilkades serentak 2016 di kecamatan tersebut. Tentunya tinggal menunggu siapa bakal calon Kepala Desa (Kades) yang siap maju mengikuti pesta demokrasi di tingkat desa masing-masing.

Ketua Badan Permusyawaratn Desa (BPD) Rayung, Bajuri mengatakan, segala persyaratan pembentukan sudah dilalui sesuai Undang-Undang Pilkades. Harapannya, nanti semua bisa berjalan dengan maksimal tanpa ada halangan.

“Kita lebih awal dalam pembentukan panitia Pilkades, baru disusul Desa Katerban,” ujar Bajuri kepada blokTuban.com.

Anggaran pelaksanaan Pemlilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Tuban tahun 2016 naik 20 persen. Dipastikan saat ini total anggaran mencapai Rp700 juta. Di samping itu juga ada sumber pendanaan lain.

“Di Desa Rayung juga sudah direng-reng (susun),” imbuh Bajuri.

Dijelaskan, Desa Rayung memiliki peserta hak pilih sekitar 5200 jiwa dengan hitungan per hak pilih Rp7.500, ketemunya Rp39 juta diambil dari APBDes. Sedangkan, dari APBD masing-masing desa dapat dana Rp10 juta. “Untuk dana Insya Allah sudah bisa ditangani, tinggal membuka pendaftaran pada tanggal 23 Agustus mendatang,” pungkasnya. [rof/col]