Anggaran Naik 20 Persen Capai Rp700 Juta

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Anggaran pelaksanaan Pemlilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Tuban tahun 2016 naik 20 persen. Dipastikan saat ini total anggaran mencapai Rp700 juta.

Dalam rapat paripurna penyampaian Nota Rancangan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P APBD) Bupati Tuban, Fathul Huda, Senin (1/8/2016) disebutkan anggaran untuk Pilkades naik dibanding sebelumnya dari Rp560 juta menjadi Rp700 juta.

Diketahui pula, anggaran pelaksanaan Pilkades didapat dari dua sumber yakni APBD dan APBDes.

Apakah APBD dan APBDes cukup? Ketua Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) Sandingrowo, Kecamatan Soko, Prihananto mengatakan, sudah ditentukan plotting untuk anggaran tersebut. Khusus dari APBD kabupaten, terdapat 36 desa yang akan diberikan masing-masing Rp10 juta dan dari APBDesa masing-masing Rp7.500 untuk tiap Daftar Pemilih Tetap (DPT) tiap desa.

"Pengaturannya untuk honorarium panitia dan pelantikan ditanggung anggaran APBD kabupaten. Sementara Konsumsi pada saat pelaksanaan panitia, tenda dan lainnya dari APBDes dan tidak ada legal formal pungutan biaya pendaftaran," katanya. [dwi/col]