Temukan Batik Khas Tuban di Sunan Bonang

Kontributor: Novia Suryani*

blokTuban.com - Batik Gedog merupakan batik tulis khas Tuban, Jawa Timur. Anda dapat mendapatkan batik gedog dengan berbagai motif dan bentuk dengan mudah, salah satunya di kawasan Wisata Religi Sunan Bonang Tuban, Kelurahan Kutorejo, Kecamatan/Kabupaten Tuban.

Pembaca pasti sudah tidak asing lagi dengan wisata religi makam Sunan Bonang. Di tempat wisata ini, selain dapat berziarah, juga bisa menemukan berbagai pedagang yang manjual oleh-oleh khas Tuban. Salah satunya adalah Batik Gedog yang sedari dulu terkenal sebagai salah satu batik khas asal Bumi Wali.

Pakaian batik khas Tuban di kawasan makam Sunan Bonang beragam. Baik jenis baju, ukuran, ataupun harga.

Untuk jenis, bisa dengan mudah ditemukan mulai dari bentuk kaos, baju resmi, ataupun daster. Begitu juga dengan ukuran anak, remaja, sampai dewasa, bisa dengan mudah dijumpai ditempat ini. Harga yang ditawarkan juga bervariatif, mulai dari Rp15 ribu sampai puluhan ribu rupiah.

"Harganya bervariatif, yang jelas lengkap baik untuk jenis maupun ukuran baju," kata salah satu pengunjung di makam Sunan Bonang Tuban, Yaya (21), Selasa (26/7/2016).

Pada awalnya Batik Gedog ini hanya dikenal di Kecamatan Kerek, dan sebelum dikenal di desa lain di Kabupaten Tuban. Yang istimewa dari Batik Gedog adalah motifnya yang beragam, seperti ganggeng, kembang randu, kembang waluh, cuken, melati selangsa, satriyan, kijing miring, likasan, kothong, guntingan, panjiori dan lain-lain. Bagaiamana? tertarik dengan batik khas Tuban ini? [Nov]

*Penulis adalah mahasiswa Politeknik Elektronika Surabaya dan magang di www.blokTuban.com.