Pertamina Targetkan 500 BPH dari TPN-02
Reporter: Muhamad Fatoni/blokBojonegoro.com
 
blokTuban.com - PT Pertamina EP Asset IV Field Cepu menargetkan Sumur Tapen (TPN) di Dusun Tapen, Desa Sidoharjo, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban, Jawa Timur berproduksi 500 barel per hari (BPH).  Itu supaya bisa memberikan kontribusi bagi target proyeksi minyak di tahun ini maupun ke depannya.
 
"Dari semua sumur kita targetkan produksi 500 bph," ujar Field Manager PT Pertamina EP Asset IV Field Cepu Agus Amperianto, di sela meninjau Sumur TPN-02 bersama Direktur Hulu PT Pertamina (Persero) Syamsu Alam dan jajaran direksi anak usaha Pertamina, Jumat (22/7/2016).
 
Untuk produksi harian Sumur TPN-1, Agus Amperianto menyebut telah berproduksi sekitar 170 bph. Hanya saja, saat ini sumur tersebut berhenti berproduksi karena proses perbaikan guna meningkatkan produksi.
 
"Kalau Sumur TPN-02 kita targetkan produksi 250 bph hingga 300 bph," ucap mantan Manager Humas PT Pertamina tersebut.
 
Menurut dia, potensi minyak dalam perut bumi (TPN-02) lebih besar dibanding TPN-01. Hanya saja, pihaknya mengaku belum mengetahui secara potensi minyak dalam sumur itu. "Hal itu baru kita ketahui setelah eksplorasi selesai," ucapnya.
 
Sumur TPN-02 merupakan sumur terdalam di antara sumur-sumur di wilayah Tuban. Sumur ini dibor dengan kedalaman 3.000 meter atau setara 11.000 feet. Sementara itu, untuk Sumur TPN-03 masih dalam tahap evaluasi. Sumur ini telah dibor dengan kedalaman 2.100 meter. [oni/lis]