Eksplorasi TPN-02 Gunakan Teknologi Cyber

Reporter: Muhamad Fatoni/blokBojonegoro.com

blokTuban.com - Eksplorasi Sumur Tapen (TPN) 02 di Dusun Tapen, Desa Sidoharjo, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban, Jawa Timur menggunakan teknologi cyber terbaru.

Teknologi milik anak perusahaan PT Pertamina (Persero), Pertamina Drilling Service Indonesia (PDSI) ini mempunyai kekuatan 1.000 HP (Horse Power). Dengan teknologi ini, pemboran bisa lebih efisien dan ekonomis.

"Rig yang kita pakai adalah teknologi terbaru jenis cyber dengan 1000 HP (Horse Power). Itu 2,5 x 1000," ungkap Direktur Utama PT PDSI, Lelin Eprianto di TPN-02 mendampingi Direktur Hulu PT Pertamina (Persero), Syamsu Alam, Jumat (22/7/2016).

Lebih lanjut, Lelin mengatakan, menara mata bor (rig) di Sumur TPN-02 ini sama halnya seperti digunakan di Lapangan Migas Banyuurip Blok Cepu. Bedanya, kata dia, ada penambahan teknologi yang membuat rig di Blok Cepu bisa berjalan sendiri.

"Kami menggunakan rig yang sama, untuk di Blok Cepu kita menambah alat agar bisa jalan sendiri," imbuhnya.

"Dulu, kalau mau mobilisasi rig harus dirig down. Kemudian secara manual dipindahkan melalui alat berat. Hal ini lebih efisien dan ekonomis," sambungnya.

Dia menandaskan, teknologi cyber itu juga mempunyai keunggulan. Salah satunya, presisi pengeboran seluruh parameter dapat dilihat di satu kabin.

"Hanya satu orang yang melihat di monitor 1, 2, 3, dan 4. Hal itu membuat presisi dan performance dari pemboran lebih baik," tandas Lelin Eprianto. [oni/mu]