Pertunjukan Rodat Pikat Ratusan Warga Pakel

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Ratusan warga dari berbagai usia di Desa Pakel, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban hadiri pertujukan Kesenian Tradisional Rodat, Sabtu (16/7/2016).

Kesenian yang menampilkan tarian anak-anak tersebut hingga saat ini masih memiki daya tarik yang kuat terhadap rasa penasaran masyarakat dikawasan Kecamatan Montong. Hal ini dikarenakan pertunjukan kesenian tradisional Rodat sudah mulai langka tergerus oleh zaman.

Dalam pertunjukanya tersebut warga berbondong-bondong datang untuk menyaksikan langsung penampilan kesenian tradisional tersebut, tidak sedikit warga yang mengabadikan dengan merekam maupun memfoto pagelaran yang tidak setiap hari bahkan tidak setiap bulan digelar ini.

Salah satu penonton Nia (23) mengaku telah beberapa kali mendengar tentang pertunjukan kesenian tradisional Rodat dikawasan montong, namun baru kali ini ia melihat langsung pertunjukan yang baginya sangat menghibur itu.

"Awalnya saya penasaran dengan kesenian Rodat," ujar salah satu penonton kepada blokTuban.com.

Pantauan blokTuban.com penonton yang hadir terdiri dari berbagai kalangan mulai dari anak-anak, muda-mudi dan orang tua. Mereka banyak yang mengagumi pertunjukan rodat. Karena pertunjukan rodat hanya pada musim-musim tertentu saja sering digelar.

Ketua Kesenian Rodat Desa Jetak, Kecamatan Montong Mampuri (53) mengatakan, setiap kali tanggapan atau pertunjukkan penonton akan banyak seperti ini, itu menandakan meskipun saat ini zaman modern namun kesenian Rodat yang terbilang kesenian tradisional tersebut masih banyak digemari para warga.

"Setiap kali pertunjukan, kami selalu menampilkan yang maksimal agar para penonton semakin menggemari kesenian rodat," ungkap Mampuri.[hud/col]