Pemuda Pulut Bangilan Halal Bi Halal, Dzikir dan Sholawat

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Masyarakat yang tergabung dalam Pemuda Pulut Bangilan mengadakan halal bi halal dan shalawat bersama Habib Mustofa Alaydrus, di dusun Pulut Desa/Kecamatan Bangilan, Jum'at (15/7/2016) petang.

Kegiatan yang mengambil tema Pemuda cinta agama, cinta ulama, dan cinta shalawat ini, memeliki tujuan yang mulia. Yaitu membentuk mental para pemuda yang notabennya arogan, menjadi seorang pemuda yang berakhlaqul karimah.

"Budaya kami biasanya dalam setiap lebaran identik dengan pesta dan dangdutan, namun untuk tahun ini berbeda. Kami mencoba membuat gerakan baru dengan bersholawat dan berdzikir bersama ulama," jelas Kang Sahid, penggagas acara tersebut, kepada bokTuban.com, Jum'at malam (15/7/2017)

Lanjut pria yang juga pemersatu lintas pemuda dan perguruan di Tuban Selatan ini mengatakan, semoga acara ini bisa menjadi inspirasi dan referensi desa-desa yang lain. "Ibaratnya sebagai oase ditengah modernisasi yang identik kian menjauh dari nilai-nilai religi," imbuhnya.

Masih kang Sahid, Krisis umat ini krisis multi dimensi. Sudah menjadi tanggung jawab besar kita bersama untuk saling bergandeng tangan.

"Pemuda harus saling bahu membahu untuk peduli generasi. Semoga kedepan akan muncul tokoh-tokoh yang bermental peduli, kreatif, berkarakter, dan berjiwa pemimpin yang negarawan," pungkasnya.

Camat Bangilan, Sartono sangat mengapresiasi kegiatan pemuda di wilayah pemerintahannya. Dalam kesempatan lain ia katakan, kedepan harapannya bukan hanya lingkup desa saja. Namun harus lebih melebar menjadi efen akbar, yang mencakup satu kecamatan.

"Berangkat dari pemuda cinta agama, cinta ulama, dan cinta shalawat mampu memunculkan generasi yang berakhlaqul karimah. Sesuai dengan visi misi pemerintah kabupaten Tuban, membentuk masyarakat yang religius," tandasnya.

Kegiatan halal bihalal juga sebagai wadah perkumpulan masyarakat dari berbagai latar status sosial. Acara tersebut juga sebagai penyeimbang. "Biasanya idul fitri digunakan pemuda berpesta pora yang negatif. Namun malam ini pemuda Pulut Bangilan membuktikan hal yang berbeda. Sangat luar biasa. Harapannya nanti bisa jadi agenda tahunan," pungkasnya.[rof/ito]