Puluhan Pedagang Padati Sendang Gede Waleran

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Ratusan warga Desa Waleran, Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban memadati Sendang Gede untuk mengikuti acara sedekah bumi tahunan, Kamis siang (14/7/2016).

Dengan berbagai rangkaian acara yang diselenggarakan, antusiasme warga desa sangat besar mereka berbondong-bondong untuk mengikuti acara yang telah menjadi tradisi tahunan tersebut.

Selain ratusan warga desa, puluhan pedagang juga tidak kalah dengan warga, sebelum dimulainya acara inti yakni doa bersama dan berbagi aneka makanan (Berkat). Mereka telah lebih dulu datang untuk mempersiapkan dagangannya.

Salah satu warga desa setempat Darsih (40) mengaku, setiap tahun warga saling berbondong-bondong untuk mengikuti acara tahunan ini. "Berhubung dalam satu tahun hanya sekali sehingga semua kalangan ikut ambil bagian dalam acara ini," ujar warga Desa Waleran tersebut kepada blokTuban.com.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Desa (Kades) Waleran Ramidi mengatakan kemungkinan dengan berbagai rangkaian acara yang digelar, warga akan berkumpul hingga malam hari, hal tersebut bukan hanya dilakukan oleh warga Desa Waleran saja namun desa-desa sebelah juga akan ikut meramaikan acara ini.

"Acara sedekah bumi ini akan selesai hingga sehari semalam," ungkap Ramidi.

Diharapkan dengan asrinya pemandangan yang berada di sendang tersebut dan masih melimpahnya sumber mata air Sendang Gede bisa menjadi salah satu tempat wisata di Kecamatan Grabagan.[hud/col]