Cuaca Membaik, Harga Ikan Stabil

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Cuaca di laut utara Kabupaten Tuban diketahui membaik sejak sepekan terakhir. Ombak besar dan angin kencang di musim angin timur, sempat membuat harga-harga ikan laut melambung tinggi.

Seiring cuaca yang bersahabat, harga ikan di Tuban pun kembali bersahabat. Karena pasokan di beberapa Tempat Pelelangan Ikan (TPI) dan Pasar Ikan juga terpenuhi.

"Kalau banyak pasokan ikan, maka harga juga akan murah," jelas Roni, pedagang ikan di TPI Palang, Sabtu (16/7/2016).

Seperti ikan jenis kakap yang sekarang bisa didapat seharga Rp45.000 perkilogram, sebelumnya ikan jenis ini di Tuban sempat mencapai angka Rp65.000 perkilogram. Harga cumi-cumi bisa didapat kisaran Rp40.000 perkilogram dari harga kenaikan sebelumnya yang bisa mencapai Rp50.000 perkilogram.

Kemudian beberapa jenis ikan murah meriah yang sering diburu warga, diantaranya adalah ikan togek yang bisa didapat sekitar Rp18.000 perkilogram dari harga awal kenaikan awal sempat Rp30.000 perkilogram. Begitu juga dengan ikan Krapu, kuningan, dan juga jenis-jenis ikan lain yang mempunyai harga sama.

"Sebelumnya itu cuaca buruk bersamaan dengan hari raya lebaran, jadi harga sangat mahal," kata Sutiah (45), pedagang lain di Tuban.

Kendati demikian, harga ikan terancam kembali mengalami kenaikan apabila ombak besar dan cuaca buruk melanda laut Tuban. Hal itu masih mungkin terjadi mengingat musim angin timur akan terjadi sampai kisaran akhir bulan Agustus. [pur/ito]