Anggota Perpus Tuban Capai 9.699 Orang

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Hari Buku Nasional (HBN) tercatat jatuh pada 17 Mei. Berbicara hari buku, sering identik dengan perpustakaan dan minat baca masyarakat. Kemudian, bagaimana dengan perpustakaan Tuban?

Staf Layanan Perpustakaan Tuban, Sumartiah, menjelaskan sekarang Perpustakaan Tuban mempunyai 9.699 anggota. "Ribuan anggota ini yang aktif memanfaatkan pelayanan di perpustakaan Tuban," kata Sumartiah.

Anggota ini terus bertambah, petugas Perpustakaan mencatat, rata-rata mencapai 877 setiap tahun. Bertambahnya jumlah anggota, dimungkinkan karena mudahnya persyaratan pendaftaran. Yakni, cukup dengan membawa foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan pas foto beberapa lembar.

"Setelah menjadi anggota, nanti bisa langsung meminjam buku-buku yang ada di perpustakaan dan membawa pulang," kata Sumartiah.

Tetapi, bagi masyarakat umum yang tidak terdaftar sebagai anggota. Tetap bisa menikmati fasilitas perpustakaan berupa buku, koran, majalah, ataupun layanan internet secara gratis. Hanya saja, mereka belum bisa meminjam buku untuk dibawa pulang. [pur/rom]