Cuaca tak Tentu Melon Terancam Serangan Jamur

Reporter : Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Petani melon di Desa Sendang, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, mulai dihadapkan  beberapa permasalahan. Di antaranya kondisi cuaca buruk pada musim tak tentu yang melanda saat ini.

Petani melon setempat, Mahfudz (31), Senin, mengatakan, kondisi cuaca yang tak tentu membuat tanaman melon rawan terjangkit penyakit, terutama jamur daun.

"Biasanya usia melon sekitar satu bulan paling rawan dengan jamur. Kalau sudah menjamur nanti lama kelamaan daunnya akan kering," tuturnya saat ditemui di sawahnya.

Untuk mengatasi jamur, Mahfudz melakukan penyemprotan tiga hari dua kali. Pencegahan sejak dini membuat buah melon akan cepat besar nantinya.

"Rusaknya buah melon tersebut karena daun yang kriting. Maka petani tak boleh lengah, tandasnya kepada bT sapaan akrab blokTuban.com.

Pantauan bT di lapangan, di atas lahan setengah hektar, tanaman buah melon miliknya sudah mulai berbunga. Dan hanya dia yang menanam buah melon.

"Pada musim ini para patani lebih memilih tanam padi. Namun saya pilih tanam melon. Untuk biaya jangan di tanyakan lagi, setiap tiga kali semprot aja menghabiskan uang 500 ribu," pungkas Mafudz sembari menalikan media rambat melonnya. [rof/ito]