Tenaga Kerja Lulusan SMA Sederajat di Tuban Mendominasi

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Pelajar di Kabupaten Tuban yang mengantongi ijazah Sekolah Menengah Atas (SMA) mendominasi pada pelatihan calon tenaga kerja di banding lulusan lainnya. Bahkan lima tahun terakhir, sejak tahun 2010 terakhir lulusan SMA memiliki angka tinggi.

Data litbang blokTuban.com, penerima pelatihan kerja lulusan SMA sederajat selama lima tahun terhitung naik turun. Akan tetapi dari angka tersebut selalu menduduki lulusan tertinggi dan mendominasi, di banding tamatan perguruan tinggi.

Terhitung dari tahun 2010 angka kelulusan mencapai 460, kemudian 392, 478, 754 dan tahun 2014 tercatat 683 siswa. Di tahun 2014 ini lulusan tertinggi berasal dari Kecamatan Kerek, yakni 121 tenaga kerja.

"Saat ini jumlah pencari kerja terbanyak dari SMA," terang Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans), Nurjanah kepada blokTuban.com.

Sejuah ini, lanjut Nurjanah, dalam upaya membantu menyalurkan tenaga kerja, Dinsosnakertrans bekerjasama dengan perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja. Setiap kali dibuka lowongan pekerjaan, pihaknya berusaha menghimpun informasi untuk kemudian disampaikan pada masyarakat pencari kerja. [dwi/col]