Dapur Rumah Tahanan Tuban Terbakar

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II B, Jalan Veteran, Kabupaten Tuban, terbakar pagi ini, Minggu (15/5/2016).

Terbakarnya rumah tahanan itu, terjadi sekitar pukul 08:15. Titik api terjadi di bagian belakang dapur yang saat itu dipergunakan untuk memasak. Penyebabnya diduga berasal dari dua tabung kompor gas yang bocor.

"Saat itu ada saya dan beberapa warga binaan yang memang bertugas untuk memasak. Posisi kami di dalam dapur, sementara tabung memang di taruh di luar ruangan dan dihubungkan dengan kompor agar lebih aman," jelas petugas dapur, Harianto, kepada blokTuban.com.

Api sempat membesar, sehingga membuat beberapa warga binaan panik. Beruntung, beberapa petugas Lapas dan warga binaan cepat mengetahui sehingga langsung dilakukan pemadaman dengan peralatan sederhana.

"Api sempat sampai ke atap, kemudian kita lakukan pemadaman sambil menunggu mobil pemadam kebakaran," kata Joko, salah satu warga binaan yang bertugas memasak di dapur.

Beruntung, api cepat bisa dipadamkan tak lebih dari 30 menit. Mobil PMK yang ada di lokasi, langsung melakukan penyiraman di bekas titik api untuk memastikan api benar-benar padam. Selain itu, puluhan petugas kepolisian melakukan penjagaan ketat, serta beberapa penyidik terlihat melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP. [pur/fah]